Posted in Uncategorized

Galau ? Bacalah Tulisan ini..

say no to galau
say no to galau

Meskipun galau arti sebenarnya adalah bimbang, bingung, ragu. Tetapi makna galau ini sekarang sudah bergeser kepada: gelisah akibat si dia / doi (lawan jenis bukan mahram) yang…. bla bla bla

Galau akibat doi beralih ke hati lain lah, galau akibat gak pede sama doi lah, galau mikirin doi suka sama kita apa nggak, galau mau nikah kapan, sama siapa dan lain sebagainya..

Sebenarnya wajar, jika setiap manusia pernah merasakan galau. Cinta, Suka (apa nafsu ya?) adalah fitrah nya manusia. Malah aneh ketika manusia gak pernah merasakan suka atau sekedar kagum lah ya. Mungkin dia ada kelainan hormon atau hal yang tak normal lainnya.

Aku pernah iseng menanyakan ke temen kuliah , tentang orang yang dikagumi. Eh jawabnya: “kok aku gak pernah ngerasain yang kaya gitu ya, gatau ya pikiranku masih kayak anak kecil aja. datar datar aja tuh perasaanku” . Nah! yang kayak gini menurutku malah aneh, masa sih ya gak pernah merasakan hal yang seharusnya sudah menjadi fitrah manusia? . Entahlah dia yang gak ngerti maksud dari kata kagum apa emang ada orang sepolos itu..hhe

Tapi nih, rasa kagum itu sebenarnya mengganggu kalau kamu sudah berlebihan merasakannya. Ada seorang teman yang anehnya dari dulu perasaannya gak mau move on sama seseorang. Aku sih ngeliatnya kasihan. Dia mikirin doi terus, berharap berjodoh sama doi. Padahal, yang dia taksirin belum tentu mikirin si temenku ini.. hmm. Kan kecewa dan sakit hati sendiri tuh kalau si doi akhirnya malah nikah sama orang lain.

Jadi kalau yang bener nih, meskipun itu adalah fitrah, tapi haram untuk diumbar-umbar sebelum pernikahan, kawan..

Meskipun kamu bilang itu kekaguman, jangan sampai malah mengganggu shalatmu (yang malah mikirin dia), atau menggiringmu pada khalwat (berdua-duaan) yang notabene dilarang agama.

Eits jangan salah, sekarang khalwat bisa beralih ke media macam internet, hp, bbm, dsb. Ente awalnya bilang cuma temenan, eh lama2 ada rasa, dan beralih kepada maksiat.. Na’udzubillahimindzalik

“…Janganlah seorang laki-laki berkhalwat (berdua-duaan) dengan seorang wanita, melainkan yang ketiga dari mereka adalah setan…”(HR. Tirmidzi, no.2165)

Jadi nih kalau mau curhat, curhat lah ke teman yang sejenis, orangtua, atau kalau mau plong langsung ya ke Allah SWT..

Dan dalam Islam itu, sebenarnya udah ada hukum untuk pacaran, kawan

Pacaran itu bahaya. Bisa mengarah ke zina. Nih ada rambu-rambu dari Kitab Allah kunci kalau tidak mau tersesat dalam dunia yang fana ini:

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”
[Qs. Al – Isro’ : 32]

Kita sebagai manusia diilhamkan untuk bisa memilih jalan yang fujur (buruk) atau tawa.. Maka orang cerdas adalah orang yang bisa memilih jalan kebaikan, kan kawan.. keburukan berawan dari nafsu, dan Nafsu itu bisa dikendalikan kok..

Nih, ada statement menarik  dari sebuah kajian yang aku dengarkan, buat yang galau:

“Orang yang galau tapi belum siap nikah itu sebenarnya kurang sesuatu : Dzikrullah..”

Orang yg mengingat2 orang lain terus berarti kurang dzikir, kurang mengingat Allah. Padahal seharusnya orang yang benar-benar beriman itu yakin bahwa pada waktunya, seorang yang sudah dipasangkan dalam Lauh Mahfudz Nya akan benar-benar datang..

Tak perlulah buru-buru..

Sabar..

Kalau sudah siap, barulah berikhtiar..

Jadi, ingat ya.. setiap galau ? Ingat Allah.. Ingat akan janjinya.. Takdirnya..

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Ruum :21)

Allah lagi, Allah lagi, Allah terus

Keep Allah always in our heart..

Advertisements
Posted in My life, Pengetahuan + unik

Kehidupan ku di Solo (bagian 2)

Sudah tiga tahun lebih aku merasakan hidup di kota yang indah bernama Surakarta, atau nama lain keren nya, Solo
Ingin melanjutkan artikel sebelumnya, yang juga bercerita tentang semester pertamaku di Solo
Ternyata setelah 3 tahun banyak hal-hal yang kuketahui disini

*Solo punya banyak acara menarik tiap bulan dan tahunan nya!
Contohnya:
1. berbagai macam festival
bulan ini saja (september) ada festival lampion sekaligus permainan-permainan anak dan dewasa seperti bianglala, ombak banyu, kora-kora , bola diatas air, dsb di alun-alun (lapangan) solo

Belum lagi tiap tahun ada Solo Batik Carnaval, SIPA (Solo International Performing Arts) yang menampilkan seni dalam dan luar negeri dan bisa nonton gratis pula, juga festival2 lainnya (lihat info kota solo)
Jadi bagi yg suka jalan2, fotografi dan seni cocok bgt dateng ke solo

2. Solo Islamic Bookfair dan Pameran Komputer
Bookfairnya diadakan sekitar 3 bulan sekali di kompleks Goro As-Salam hypermarket, dan pameran komputer biasanya 4 bulan sekali di Hotel Diamond (pakai tiket masuk sekitar 5 ribu) . disana buku2 umum dan islami banyak dijual, juga herbal, dan pakaian islami menarik dan terjangkau. Biasanya kalau jalan2 sekitar solo ada bannernya di jalan

3. Banyak seminar menarik, kajian, dan symposium yang berguna bagi umum, tenaga kesehatan, dan dokter.

Di Solo ada beberapa kampus yang sering mengadakan seminar menarik, saya contohin kampus Baca Terus 😀 !

Posted in Uncategorized

Journey to Turkey #1. Langkah pertama ke negeri impian

Wow! awalnya perjalanan keluar dari Indonesia ini terasa mengkhawatirkan, tapi entah setelah tiba di bandara jadi biasa aja , untungnya aku sudah biasa naik pesawat jadi alurnya mirip2 lah.. Naik emirates, wuih enak2 makanannya dan banyak, jd gakpernah kelaperan. Waktu di bandara Soetta pas mau ke Dubai (di Uni Arab Emirates), aku lihat banyak TKI yg mau pada kesana *untung di Turki enggak. Aku transit di Dubai, wow amazing banget bandaranya luass bangett dan banyak toko2 bermerk nya , keren abis lah.. Dan untunya aku ketemu 2 orang prmpuan indonesia yg mau aiesec ke turki tp kotanya Kocaeli, beda.. pas berangkat ke turki lagi sempet lihat gedung tertinggi di dunia, Burj Al-Khalifa yg kayak Jarum, hho

bandara dubai keren
bandara dubai keren
burj al khalifa seperti jarum di tengah
burj al khalifa seperti jarum di tengah

Daan pertama kali aku melihat negeri yang cantik ini dari pesawat yaiyalah  tapi yang bikin menakjubkan, saat baru bangun, buka jendela, dan langsung terkesima.. pegunungan tertutup salju disertai sunset yang menakjubkan..

Subhanallah! pegunungan bersalju dan sunset kayseri
Subhanallah! pegunungan bersalju dan sunset kayseri

Dan saya disuguhkan langit Istanbul yang sangat indah di malam hari.. Benar2 seperti emas dan perak yang menyala di kegelapan yang indah

jembatan bhosporus penghubung asia dan eropa
jembatan bhosporus penghubung asia dan eropa

Dan jeng jeng sampailah kami di Bandara Ataturk, Turki. Alhamdulillah langsung ada tim yg jemput. Dibandara ketemu juga sama Intern dari Brazil, lalu kami stay dulu di Istanbul dari tgl 18 sampai 20 di rumah grandma nya manager project. Anneanne (grandma) sangaat baik 🙂 hhe. 19 sore kami sempet jalan2 ke Ortakoy, tempat yang rame banyak toko, makanan, dan bisa lihat jembatan bhosporus , serta hagia sophia n blue mosque dari jauh.

100_4725

istanbul
istanbul

dari gambar diatas, Istanbul juga bisa kena macet walaupun gak separah jakarta, hehe.. kenapa disini mending karena orang yang pakai motor sedikit, alias gak melimpah ruah kayak Indonesia. aku pernah nanya sebabnya, karena motor disini harganya muahall jadi mending beli mobil aja. gitu.. kalo di Indonesia kan murah, jadi hampir semua orang bisa pakai.

Tanggal 21 sampailah ana di Bursa, kota yang pernah jadi capital sebelum Istanbul di masa Ottoman. Kotanya cantiik dan bersih, serta lebih tenteram daripada Istanbul. Kalau di Istanbul lebih rawan copet, maklum Istanbul orangnya mix banget gara2 kota turistik. orang asia, eropa, afrika pada melancong ke Istanbul, wajar, karena banyak banget peninggalan menarik dan bersejarah puooll.. kalo di kota lain rata2 penduduknya lokal, jadi berasa beda gitu deh *serasa artis  wakaka..

segini dulu aja untuk post satu ini belum mengungkap kehidupanku di Turki, nantikan di post selanjutnya tentang kota Istanbul, Bursa, makanan Turki dan sedikit resepnya, plus sedikit budaya dan sifat orang Turki (yang ditunggu tunggu) ,hehe 🙂

Istanbul, beautiful and romantic city
Istanbul, beautiful and romantic city

 

Posted in Uncategorized

Bahagianya Diterima Exchange di Bursa, Turkey !

Fabiayyi ala irabbikuma tukadzziban.. Maka Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?
(Qs. Ar-Rahman: 55)

Gambar

Alhamdulillah, setelah berminggu-minggu menanti jawaban email dan kegelisahan menunggu balasan email dari manager project di Turkey, Akhirnya Allah memberikan jawabannya pada 20 November 2013.

Sebelumnya saya sudah banyak mendaftar ke negara2 Eropa lain Baca Terus 😀 !

Posted in My life

Ketika mimpi-mimpi perlahan mulai terwujud

Sebenarnya sejak lama ingin mengupdate blog, sekaligus menjawab para commenters di blog saya yang sederhana ini. Tapi apadaya kadang rasa malas ataupun sibuk itu selalu muncul..
So, saya ingin sharing2 kehidupan saya akhir-akhir ini. 

Pertama tama, Habis lebaran saya pergi bersama saudara dan teman saya ke Malang. Awalnya mau naik Mahameru alias Semeru. Tapi karena gak memungkinkan karena saya pendaki awal, jadilah saya dan teman saya beralih ke Bromo yang gak perlu susah payah naiknya. Sumpah kereeen banget perjalanan lewat Tumpang nya, melewati savana, bukit pasir, bukit teletubbies naik motor bro.. Sumpah! itu salah satu tempat paling paling indah yang pernah aku lihat.. belum lagi begitu ter-amazed saat melihat sunrise dan beberapa gunung spt semeru, bromo, ijen, dari Bukit Pananjakan. 2 jam doang kita jalan dari penginapan. ini fotonya

Gambar

yang putih2 itu adalah kabut yang menutupi bukit pasirnya bromo..hmm its just like Baca Terus 😀 !

Posted in INFO FK , UNS

Info Kos Muslim untuk mahasiswa baru UNS 2013

Good afternoon, saat ini saya sedang mengetik di perpus FK UNS (terus ?)

Teruntuk adik-adik muslim yang akan melanjutkan kuliah di UNS ini, saya ingin merekomendasikan nih kos-kosan aman&nyaman untuk muslim yang ingin tinggal di kosan yang kondusif untuk:

-shalat berjamaah (berarti ada tempat yang dijadikan mushola)

-ada tausiyah kos yang diusahakan ada tiap minggunya

-ada jam malam (namun kalau ada acara mendesak bisa izin)

-mbak2 dan mas2 yang bersedia membimbing adik2 nya dan Insyaallah baik baiiik banget

-Punya teman2 sefakultas jadi bisa belajar bareng dan kompak 🙂

-bebas dari Baca Terus!

Posted in INFO FK , UNS, My life

Jadi Mahasiswa Pendidikan Dokter di FK UNS , ngapain aja sih ?

Kali ini saya mau cerita tentang sistem pembelajaran di FK UNS saat ini 😀

1. Sistem Blok

Di FK UNS menganut sistem blok, jadi kita gak bisa milih SKS (sudah ditentukan KBK). Tiap semester ada 4 blok. misal semester 4 ada blok reproduksi, urogenitalia, gastrointestinal, dan kardiovaskular. Nah tiap blok itu belajarnya campur, ada anatomi, fisiologi, farmakologi, patologi, dll, PLUS segudang praktikum nya.

2. Perkuliahan

Jujur aja nih, kuliah nya itu kurang sebanding banyaknya dengan materi seabreg yang harusnya dikuasai. Jadi kita memang dituntut lebih aktif untuk belajar lebih banyak.

3. Kelompok Tutorial

Jadi disini, dari 200 an lebih mahasiswa (kelas A dan kelas B), dibagi lagi ke kelompok” kecil berjumlah 10-11 orang. Nah, kelompok tutut (saya singkat aja biar mudah) ini biasanya melakukan kegiatan” bersama” seperti FIELD LAB, praktikum, SKILLS LAB, juga diskusi TUTORIAL.

Jadi setiap blok itu ada 3 skenario penyakit yang kita diskusikan dengan seorang tutor (dosen). Ada 2 pertemuan disana. skenario ini juga sering masuk bahan ujian blok lho, *jangan lupa ada laporan tutorial*

4. Praktikum

Mungkin kedengarannya awalnya “oh praktikum mah biasa..” . Tapi jangan seneng dulu, karena menurut saya kegiatan praktikum dengan kawanannya disini bisa menyita waktu kamu lho. Misal, di blok urogenitalia ada 6 praktikum, ambillah salah satunya praktikum anatomi. Disini bagi kamu yang suka telat bangun, mungkin kebiasaan itu bakal berubah karena kamu dituntut untuk bangun pagi.

Praktikum anatomi disini terdiri dari asistensian (misal hr ini ,asisten” dosen mempresentasikan materi seputar praktikum ke kita), lalu ada yang namanya PRE test (besoknya ada pretes yaitu ujian kecil pada pagi” buta , lalu siangnya praktikum), Praktikum (di lab anatomi ada tes lisannya dulu dari perwakilan kelompok tutorial), setelah praktikum kita wajib buat Baca Terus 😀