Kupas tuntas saya dan UNS

Okay karena banyak yang request tentang nilai rapor saya di UNS ,dll , juga banyak pertanyaan tentang Biaya UNS , jadi saya memutuskan untuk membuat postingan detailnya

  • T: nilai rapor kakak berapa?trus gimana fluktuasinya?

J: Nilai rata rata semua pelajaran di rapor saya nggak menjulang banget kok,syukurnya sih raporku gak ada yang turun drastis bgt,rata2 naik sih,walau ada juga beberapa yang turun (tapi gak banyak)

  • T: kakak ngumpulin sertifikat apa aja ??

J: sederhana2 saja kok, sertifikat organisasi KIR, OSIS, sama sertifikat semifinalis lct kedokteran unpad😛

  • T: Kalau sekolah kakak ?

J: Alhamdulillahnya saya sekolah di SMA favorit di Bogor ( SMAN 1 Bogor ) dari RSBI nya . Perlu diketahui nama sekolah bisa dibilang amat dilihat di snmptn undangan ini. Juga setiap sekolah itu standar nilai nya beda beda, ada sekolah yang ngasih nilainya tinggi2 banget,ada yang pelit ngasih nilai, jadi ya .. tidak bisa disamakan standar nilai di setiap sekolah

  • T: kok kakak bisa masuk sih?

J: hmm mungkin karena nama sekolah saya,juga  karena dari 3 orang yang daftar fk uns dulu di sekolah saya, saya yang nilainya paling tinggi .. maklum dulu temen2 dari sekolah saya tidak banyak yang daftar ke UNS, mereka banyaknya daftar ke ui, ugm ,dll tapi saya melihat persainggannya buat saya kurang pas. Jadi saya pilih UNS dan alhamdulillah nya keterima (pakailah strategi)🙂 . Tapi mungkin dari tahun ini persaingan akan semakin tinggi karena mereka sudah melihat pengalaman dari kakak2 kelas nya . Dan tentunya bisa masuk UNS karena kehendakNya

  • T: Berapa biaya UNS kak ?katanya murah?? itu emang beneran?

J: masa saya boong boongan sih :p , iya tahun saya biaya masuk 8,5 juta, uang sumbangan 9 jt (bisa dicicil 1 thn) ,dan persemester 2,5 jt udah termasuk uang lab . Oya saya juga ada informasi biaya UNS untuk tahun ini lebih murah !! wow keren😀 murah tapi berkualitas

 

  • T: Langsung belajar apa kak waktu baru masuk?

J: kalau FK biasanya langsung belajar kedokterannya

  • T: Oya kak,tes kesehatannya gimana?

J: sederhana kok tesnya, yang penting jangan buta warna

  • T: bingung kak mau tanya apa lagi,, ada saran gak kak?

J: saran nya banyak kok di postingan sebelumnya , oya,,juga restu dari ortu.. penting juga tuh😀

Ayo masuk UNS !

Semoga bermanfaat🙂

_______update___________

PENGUMUMAN !!

BIAYA UNS BERUBAH PADA TAHUN 2012 INI

Informasinya ada disini

Inshaallah akan saya cari informasi updatenya, tapi kalau mau langsung silahkan buka http://www.uns.ac.id

70 Comments (+add yours?)

  1. fia
    Jan 17, 2012 @ 05:47:06

    sekolah ku juga RSMABI 1 Gadingrejo, dan saya dari Akselerasi..
    ada peluang gak ya kak ?🙂
    pengen banget masuk FK UNS🙂

    Reply

  2. buna
    Jan 17, 2012 @ 11:18:32

    Terimakasih atas sharing nya kak,. sangat berguna. mudah2 an tahun ini saya bisa ke UNS (Insyaallah jika allah izin)… doakan ya kak..

    Reply

  3. snowyautumn
    Jan 23, 2012 @ 04:19:25

    @fia: kamu berpeluang dek🙂 InshaAllah
    @buna: sama2.. amin🙂

    Reply

  4. ArphiLi ArVie
    Jan 29, 2012 @ 14:47:31

    maksih ka infonya…
    sangat membantu…
    oh iya,tapi kok bnyk yg bilang UNS mengutamakan putra daerah ya ka’?
    emng tmn2 kaka orng2 situ aja?

    Reply

  5. ara
    Jan 31, 2012 @ 17:13:23

    kak, saya mau tanya, di sekolah saya belum ada yg pernah masuk fk uns ky’nya emank blom ad yg daftar d sana, tp alhamdulillah saya peringkat 1 d kelas dan sekolah saya termasuk sekolah faforit, dan sepertinya yg ingin masuk d fk uns dr sekolah saya cm saya….apa menurut kakak saya berpeluang u d terima d fk uns jalur undangan? tmksh sblmnya….sukron

    Reply

  6. fia
    Feb 01, 2012 @ 01:30:18

    makasih kak doanya🙂
    seandainya saya diterima disana, saya juga ingin kost di IMC yang khusus muslim,
    kakak kost disana kan ?

    Reply

  7. agustriantoee
    Feb 05, 2012 @ 10:42:24

    semoga ALLAH SWT meridloi Langkah suci ini….

    Reply

  8. Ridho
    Feb 12, 2012 @ 04:00:14

    Assalamu’alaikum kak…
    wah, terima kasih atas info2nya. Jadi dapat gambaran ttg SNMPTN Undangan lebih jauh. Oh ya ada yang ingin saya tanyakan.
    Kata kakak, kakak bersaing sama temen2 kakak yang juga pengen di jurusan yang sama kayak kakak(FK UI, FK UGM). Lhah kakak kan liat peluang dari peringkat kakak dibanding temen sekolah kakak kan. Jadi, saya bisa nyimpulin peluang kita diterima di Univ pas undangan lebih besar kalo kita pilih Univ yang nilai rapor kita paling bagus dibanding temen2 sekolah kita yang juga pengen daftar disana. Bener gak kak?

    Reply

  9. putyprilina
    Feb 18, 2012 @ 13:38:58

    Assalamu’alaikum kak..🙂
    Sblmnya,terimakasih atas informasinya ya kak, saya jadi lebih mengenal FK UNS..😀 dan pada snmptn undangan tahun ini, saya memilih FK UNS pada pilihan pertama.. tapi,ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kak..
    kalo nilai per subject dri smster 3 smpe smster 5 ad yang turun, itu ngaruh ga kak ?msalnya nilai biologi dr smester 3 turun di smester 4 dan tetap d smester 5..
    trus kak.. saya kan dari SMAN 1 Bukittinggi,Sumatera Barat..kira2 peluang nya gmna ya kak ? Pas angkatan kakak, kira2 berapa orang yang dari Sumatera kak ?
    Terimakasih kak🙂

    Reply

  10. Fakhri
    Feb 18, 2012 @ 23:33:22

    assalamu’alaikum kak
    numpang nanya. klo sertifikat LKTI masuk kategori apa? Penelitian atau organisasi ekstrakurikuler

    Reply

  11. E.Fitriani
    Feb 19, 2012 @ 06:41:11

    Assalamu’alaikum, kak
    kan kaka rata2nya 85 , sedangkan saya hanya bksar 82 kak,
    itu gmna, kira2 ada pluang gak ya kak ?
    terima kasih sblumnya kak, info2 mengenai UNS begitu bermanfaat🙂

    Reply

  12. fia
    Feb 24, 2012 @ 02:20:04

    kak, tahun lalu kakak lampirin tes buta warna gak ?

    Reply

  13. nabila
    Feb 27, 2012 @ 11:10:54

    Assalamu’alaikum
    salam kenal ^_^

    kakak, saya nabila dr SMAN 2 Bekasi, InsyaAllah tahun ini saya ingin melanjutkan sekolah di kedokteran UNS.
    saya boleh ga minta nomor hp kakak? kalau kakak bersedia, saya mau tanya2 seputar kedokteran UNS yang gak mungkin saya tanya lewat blog ini. Mohon kesediaannya ya kak. kirim nomor hp kakak ke email saya ya kak di nabilaalri@yahoo.com
    Oiya btw, kakak ini mantan ank kir ya? Saya juga ank kir lho… Prnah bbrp kali ikut acara KIRFOSCA.

    terimakasih
    wassalamu’alaikum

    Reply

  14. snowyautumn
    Mar 06, 2012 @ 08:27:34

    @ara: hmm inshaAllah jk Allah mengizinkan,hhe ..boleh brharap tp fokus tertulis jg..
    @fia: ia utk skrg..lagipula kalau bkn IMC ckup byk kosan yg baik2 jg..kl msk sini hub sy aja hhe
    @ridho: betul sekali..
    @puty: kata tmenku c ga ngaruh.. ada yg dr sumatra tp gak ngitung ada berapa.. kl Allah mengizinkan maka berpeluang..smua manusia pny peluang
    @fakhri: tanya guru BK aja utk lbh jelasnya
    @e.fit: hmm cb baca post berbagi snmptn undangan
    @fia: ada tesnya lg dsni
    @nabila:sdh djwb

    Reply

  15. Lita
    Apr 23, 2012 @ 09:35:51

    Assalamualaikum..
    Kalo boleh tau,tahun 2011 FK UNS mahasiswa yang diterima berapa ya?
    Trima Kasih Sbelumnya..:D
    Wassalamualaikum..

    Reply

  16. fia
    May 03, 2012 @ 14:52:37

    semoga masuk sana ya kak🙂
    tinggal nunggu hasil SNMPTN undangan🙂

    Reply

  17. snowyautumn
    May 03, 2012 @ 18:21:58

    @lita: waalaikumsalam wr wb.. hmm 64 orang dek, yup sama2
    @fia: amiiin🙂

    Reply

  18. snowyautumn
    May 11, 2012 @ 23:09:55

    email aja dek..inshaallah dijawab
    megumi_shinseina@yahoo.com

    Reply

  19. fia
    May 27, 2012 @ 00:03:40

    kakak, undanganya udah pengumuman,
    dan aku gak keterima😦😥

    Reply

  20. Mutia
    May 27, 2012 @ 21:09:57

    Kak ada yg bilang klo utk angkatan 2012 spp uns per semester 20 jt? Katanya itu spp tunggal..bener gas sih ya kak? T.T

    Reply

  21. snowyautumn
    Jun 01, 2012 @ 05:30:06

    @fia : tetap semangat dek.. anggaplah undangan itu sbg bonus, dan snmptn/ujian tulis itulah pertarungan kamu yg sebenarnya …
    @mutia: hmm iya memang ada perubahan biaya untuk 2012 ini. dihitung per semester, snmptn 5,5 jt per semester. swadana 19 jt (kalo ga salah). tp itu tnpa biaya masuk awal

    Reply

  22. berlian
    Jul 08, 2012 @ 00:39:31

    kak ak mau tanya kemaren ak daftar swadana uns tapi kok formulirnya th 2011 ya?trs gmn itu kak??mksh🙂

    Reply

  23. sarah
    Jul 15, 2012 @ 08:28:37

    ka nilai rata rata mata pelajaran yang di UN kan kakak dari semester 3-5 berapa aja ? terimakasih🙂

    Reply

  24. bungaa
    Aug 13, 2012 @ 03:32:32

    salam kenal ya mbak..
    mbak , tes kesehatannya itu diukur tinggi badannya gitu ngga sih ? kan klo kaya bidan n perawat tuh diukur tingginya dan biasanya ada tinggi minimal gitu . tlg infonya ya mbak

    Reply

  25. sarah
    Oct 21, 2012 @ 03:36:30

    kan kata kaka biaya kuliah di fk uns engga begitu mahal ya, nah apakah disana banyak biaya sampingan lainnya ? seperti biaya untuk buku referensi atau photocopy gitu… dan kalau boleh tau, kaka menghabiskan biaya berapa dalam 1 bulan ? terimakasih

    Reply

    • snowyautumn
      Nov 09, 2012 @ 13:02:43

      iya ngga mahal kalau lewat snmptn.. kalo lwt mandiri mah mahal,,
      buku kedokteran dimana2 harganya lumayan… ada yg namanya buku KW, (alias g asli) di belakang taman pintar di jogja itu lho .. (tp harus tahu harga umumnya dan bisa nawar juga😛 )
      kalau habisin biaya 1 bulan masing” org beda.. tp bener deh harga macem” d solo lebih murah jauh dr di kota

      Reply

  26. zul
    Nov 16, 2012 @ 03:50:12

    assalamualaikum mbak kalau tahfidz minianimalnya berapa di kedokteran katanya di UNS tahun ini ada jalur tahfidz itu sistemnya bagaimna dan apa di FK di prioritaskan mbak terimakash:)

    Reply

  27. dhia atika
    Dec 07, 2012 @ 08:22:00

    assalamualaikum. kak! saya sangat berminat di FE prodi akuntansi UNS. tapi selama ini sekolah saya tidak pernah ada alumni yang masuk UNS. apa iya bisa diterima di jalur undangan? tapi, dalam 1 sekolah, saya tidak punya saingan. karena kebanyakan temen2 saya gak berminat masuk UNS

    Reply

  28. Detective Amateur
    Dec 09, 2012 @ 03:20:02

    assalamualaikum. kak, kalo misalkan berdasarkan hasil TO bimbel, saya bisa diterima di FK UGM, namun berdasarkan peringkat saya di sekolah gak memungkinkan diterima disana gimana? ohya, sejauh yg sy tau, teman seangkatan sy belum ada yg minat d fk uns, jdi lebih baik sy daftar d uns lewat undangan atau ugm tapi tulis?
    syukron

    Reply

  29. snowyautumn
    Dec 10, 2012 @ 14:44:54

    @dhia: Waalaikumsalam. why not , coba saja kalau kamu memang benar” mau kesini.. agar tdk kecewa yg penting harus blajar tulis jg
    @D.A: Waalaikum salam. kadang hasil TO bimbel gak sama dgn snmptn asli,, tp kl memang km bener” mau masuk UGM ya perjuangkan aja dulu. tp kalau km jg mau masuk UNS, ya coba aja, karna sainganmu sedikit jadi lebih berpeluang.

    Reply

    • Rahasti
      Jan 19, 2013 @ 18:20:05

      Kak peringkatku di sekolah termasuk standar, dan semester lima ini turun, tapi nilainya naik. Terus aku dari Jakarta. Kira2 bisa lolos undangan gak ya kak? Pengen banget masuk fk uns setelah denger cerita kakak. Ntar jadi junior kakak deh hahaha😀

      Reply

  30. safella
    Jan 06, 2013 @ 06:48:13

    kak boleh tanya? aku pengen banget masuk fk uns tahun 2013. smaku tahun kemarin rank 1 se jateng untuk UNnya, semoga tahun depan lebih meningkat. dari sma ku banyak juga yang berminat masuk fk uns, aku termasuk rata2 banyak juga yang lebih tinggi dari aku. tapi nilaiku gak pernah ada yang turun kok. kakak kelasku belum ada yang masuk fk uns kayaknya, aku pernah jadi ketua sebuah ekstra. kira2 aku bisa masuk apa tidak di snmptn undangan tahun 2013 ya kak? mohon pencerahannya. terimakasih kak. oh ya boleh minta alamat fbnya?
    makasih kak.

    Reply

  31. snowyautumn
    Jan 08, 2013 @ 02:58:17

    Coba saja dik kalau memang bner” mau masuk FK UNS.. siapa tahu keberuntungan dr Allah ada di pihakmu
    email aja ke aku ya🙂

    Reply

    • safella
      Jan 08, 2013 @ 07:02:43

      udah aku email lho kak. iya semoga kak. makasih ya. eh ternyata kakak kelasku ada yang di uns fku tapi swadana. itu bisa mempengaruhi kak? oh ya kak swadana itu gimana ya kak?

      Reply

  32. ristiana25
    Jan 21, 2013 @ 12:32:37

    Assalamualaikum, kak.
    Saya tertarik untuk masuk UNS jurusan informatika. Di UNS jurusan itu masuk FMIPA ya? Bukan di F. Teknik?
    Saingan ke sana banyak ga ya, kak? Saya tertarik banget buat masuk ke sana lewat jalur SNMPTN. Tapi, sayangnya sekolah saya termasuk pelit kalau kasih nilai. Dan saya masih ragu juga selain informatika, jurusan apa lagi yg sebaiknya saya ambil (saya ipa), soalnya di UNS ga boleh silang jurusan kan ya kak?

    Reply

  33. snowyautumn
    Jan 28, 2013 @ 13:34:46

    waalaikumsalam,coba cek di web UNS sy ga hapal
    hmm coba aja,kl tekun bisa saja masuk sini,,wah kl jurusan kan ssuai minat..maunya apa

    Reply

  34. ayu
    Feb 06, 2013 @ 06:25:38

    assalamualaikum..kak nilai kakak berapa rata-rata wktu dftr UNS

    Reply

  35. dekok
    Apr 22, 2013 @ 00:00:00

    assalamualaikum ka kalo fakultas tekhnik yang paling bagus disana apa ya?

    Reply

  36. asri
    Jun 15, 2013 @ 07:12:30

    assalamu’alaykum
    mbak, mau tanya, UKT itu sdah termasuk biaya praktikum belum ya? atau kalau mau praktik masih nambah lagi? syukron.
    oh ya, saya mengirim email, tanya tentang kos, saya tunggu balasannya🙂

    Reply

  37. nasfiqoh
    Jul 12, 2013 @ 02:52:26

    hallo ka,
    salam kenal

    makasih banget, pengalamannya memberi pencerahan,
    saya tuh macam anak gadis indonesia lainnya, dokter dijadiin impian masa depan cerah..
    sekarang udah kelas 3 SMA malah bingung gimana nasib cita-cita itu,
    awalnya saya milih Unpad, berhubung orang bandung, berubah lagi jadi UI, tapi tahun kemarin guru saya yang anaknya masuk FK UI harus bayar 75jt.
    lah, hampir pupus impian masa depan cerah.

    tapi cari-cari info lagi, katanya biaya bukan masalah, semangat lagi..
    eh! seperti yg kakak bilang, persaingan universitas itu ketat. ditambah pertimbangan lokasinya di Jakarta yg ramai.
    ketemu tulisan ini, UNS rasanya lebih mungkin,

    seperti itu kak,
    sekarang saya mau minta saran,

    1. UNS melihat bagaimana sekolah asal? bukan yg masuk blacklist tentunya, dan belum ada lulusan yang menjadi mahasiswa disana.
    2. tahun sekarang jalur undangan sudah berganti jadi SNMPTN kan? sekolah saya itu MA, mapel yg dijadiin ratarata itu kiranya apa aja? katanya kalo yg umum ada 13 mapel,
    3. biaya untuk tahun ini 6,5jt itu tanpa ada biaya lagi? seringnya rasanya aneh, atau ada peraturan yg melarang menyebutkan biaya asli? tapi kalo beneran segitu, saya bersyukur sekali.

    ah, maapkan saya banyak bicara, mohon maap ketidak sopanan saya.
    terimakasih kak,

    Reply

    • snowyautumn
      Jul 15, 2013 @ 02:01:24

      1. kl itu memang biasanya khusus untuk jalur rapor/ undangan
      2. hmm iya, thn ini sih semua pelajaran. untuk snmptn undangan
      3. thn ini 2013 6,8 juta per semester untuk snmptn undangan, dan 15 juta per semester utk sbm ptn. Ini semua tanpa uang masuk /uang diawal itu
      tp kl sekirannya krg mampu ada program bidik misi.

      gpp kok dik,, smgt🙂

      Reply

  38. nasfiqoh
    Jul 18, 2013 @ 09:06:24

    gtu ya ka, jadi ga yakin bakalan masuk lewat SNMPTN,

    trus, UNS suka beda ga kalo dinomor duakan?

    hatur nuhun mba, mohon doanya yaa, hhe

    Reply

    • snowyautumn
      Jul 29, 2013 @ 04:32:51

      dek ternyata utk tahun ini snmptn undangan terbuka untuk siapa saja dan semua sekolah lho, pesantren jg bisa..
      Kl FK biasanya gamau di nomor dua..
      sekarang pun ada golongan2 untuk biaya perkuliahan jd sesuai kemampuan ortu,,

      Reply

  39. nafa
    Aug 11, 2013 @ 16:08:21

    assalamu’alaikum,kak
    pengen tanya,syarat dan cara mendaftar snmptn undangan tuh gmn ya caranya??
    saya skrg kls 3,pengen masuk FK UNS,tapi minder,soalnya saya sekolah di SMA Assalaam sukoharjo..
    makasih

    Reply

  40. firma yunara
    Aug 22, 2013 @ 13:52:06

    kak saya dari jawa barat,,apa peluang masuk FK UNS besar bagi orang di luar jawa tengah?nilai nya harus minimal berapa?

    Reply

  41. snowyautumn
    Sep 01, 2013 @ 15:50:26

    @nafa: ada caranya tanya ke KBK dek, wah g perlu minder . skrg kan skolah swasta manapun bs ikutan
    @firma: tentu dong , skrg udah lebih merata kok.. ad yg dr lampung, bangka, bogor, dll. tdk ad nilai minimal

    Reply

  42. nurmays
    Mar 11, 2014 @ 07:45:14

    kak mau tanya dong, kalau semisal kakak kelas belum ada yang ketrima undangan di uns, bakal susah ya kalo mau tembus kesana? kakak dulu rata rata nilainya berapa?

    Reply

  43. Frida Ayu Lestari
    Mar 25, 2014 @ 07:06:03

    ka, kalau UNS maenan kuota daerah ga ka??? kaya unpad gitu misal.

    Reply

  44. marcella syahbana
    Apr 08, 2014 @ 09:47:49

    Assalamualaikum wr.wb
    Kk perkenalkan nama saya marcella dri riau , saya kepingin bnget mau msuk fk UNS , hm klo msuk dri jalur sbmptn kira-kira kuotanya brpa bsar kk? Apa d fkuskn untuk yg d daerah jawa lebih bsar?
    Trus,soal kost-kostan nya ada saran gk kk? Soalnya tgl 20 nnti bklan k solo untuk bimbel dsna . mkasih sblmnya kk🙂

    Reply

  45. allen
    May 13, 2014 @ 09:32:10

    sy dr sumatra ka’ tpatnya bengkulu, bsa d’blang sma sy tdk favrit nlai kslrhan rapot saya 82 apkah pluang saya ada ?trimks.

    Reply

  46. snowyautumn
    Jun 16, 2014 @ 08:26:34

    @nurmays: itu ditentukan kualitas orangnya…dan pengaruh kualitas SMA nya
    @frida: kemungkinan iya
    @marcella:waalaikumsalam wr wb. banyak.. di solo iya. kl daerah lain mgkn diratakan . kl soal kost email aja
    @Allen: hmm mnurutku susah kl undangan. harus lebih dr 85. tp km bisa usahakan d tulis🙂 semangat! undangan bukan segalanya

    Reply

  47. lulu
    Jun 27, 2014 @ 05:06:41

    assalamualaikum, kk sy dari SMA N 1 Sukoharjo (Soloraya) nilai rata2 raport kumulatif smt 1-5 sekitar 85,… menurut kk peluang bisa dterima fk uns snmptn untuk th 2015 bgmn? mengingat dr tahun ke tahun passing grade makin tinggi. kk kelas sy (muhammad buston) th 2014 ini jg dterima fk uns snmptn rata2 raport dan un ny 9,…. sbg adik kelas yg minat ke fk uns dg nilai 85,.. tadi bgmn peluangnya? maksih, mohon dijawab kk

    Reply

  48. lulu
    Jun 27, 2014 @ 05:09:34

    assalamualaikum, kk saya ikut progam aksel apa ada pengaruhny (yg menguntungkan) untuk dterima fk uns? makasih

    Reply

  49. khaerul anam
    Jun 27, 2014 @ 13:26:04

    wih kak, kira2 saya bisa ngga yah, soalnya nama sekolah saya blum bgtu terkenal cuman saya th pingin bgt masuk fk uns.. untuk tahun depan..

    Reply

  50. snowyautumn
    Sep 03, 2014 @ 23:14:36

    @lulu: memang skrg rata2 rapor yg ktrima sktr 90. gatau kl 85
    @khaerul: sbmptn tulis aja, kl usaha banget insyaallah bisa

    Reply

  51. khaerul akbar
    Oct 29, 2014 @ 11:15:15

    Assalamu’alaikum kak
    Sya lihat2 info dari internet katanya sekarng di UNS bagi penderita buta warna parsial sudah boleh diterima
    Apa itu benar kak?
    tolong dijawab
    Syukron Katsiron

    Reply

  52. mirzalino
    Feb 15, 2015 @ 22:27:40

    Kak kalo nilai biologiku 89 terus matematika 87 sama kimia 89 dan sekolah dengan akreditas A di kotaku. Apa bisa masuk FK?

    Reply

  53. arey
    Feb 18, 2015 @ 11:58:27

    kak, dulu kakak rata rata nya berapa?? dan masuk lewat jalur apa??? dan sekrang yang kebnykan ketrima yang rata rata nilainya berapa?

    Reply

  54. Fadila
    Aug 29, 2016 @ 09:41:13

    Assalamualaikum kak.
    Salam kenal yaa. Makasih jugaa buat sharingnya. Saya sebenarnya awalnya pengen masuk FK Unpad tapi begitu melihat persaingannya sangat ketat saya beralih ke UNS. Tapi pas saya cek passing grade FK Unpad dan UNS ga bedaa jauhh. Rasanya saya hampir frustrasi kak takut gabisa masuk FK seperti cita-cita saya dari awal. Terlebih lagi nilai semster 2 saya turunnya lumayan dari semester 1. Btw sekarang saya masih kelas 11 kak, cuma denger dari penjelasan guru BK sama searching-searching tentang FK saya jadi pesimis dengan nilai saya😭

    Ps : maaf jadi curhat gini._.

    Reply

  55. Fadila
    Aug 29, 2016 @ 09:42:21

    Assalamualaikum kak.
    Salam kenal yaa. Makasih jugaa buat sharingnya. Saya sebenarnya awalnya pengen masuk FK Unpad tapi begitu melihat persaingannya sangat ketat saya beralih ke UNS. Tapi pas saya cek passing grade FK Unpad dan UNS ga bedaa jauhh. Rasanya saya hampir frustrasi kak takut gabisa masuk FK seperti cita-cita saya dari awal. Terlebih lagi nilai semster 2 saya turunnya lumayan dari semester 1. Btw sekarang saya masih kelas 11 kak, cuma denger dari penjelasan guru BK sama searching-searching tentang FK saya jadi pesimis dengan nilai saya😭

    Ps : maaf jadi curhat gini._. sekali lagi makasih ya kak.

    Reply

Leave a Reply

