Kehidupan ku di Solo (bagian 2)

Sudah tiga tahun lebih aku merasakan hidup di kota yang indah bernama Surakarta, atau nama lain keren nya, Solo
Ingin melanjutkan artikel sebelumnya, yang juga bercerita tentang semester pertamaku di Solo
Ternyata setelah 3 tahun banyak hal-hal yang kuketahui disini

*Solo punya banyak acara menarik tiap bulan dan tahunan nya!
Contohnya:
1. berbagai macam festival
bulan ini saja (september) ada festival lampion sekaligus permainan-permainan anak dan dewasa seperti bianglala, ombak banyu, kora-kora , bola diatas air, dsb di alun-alun (lapangan) solo

Belum lagi tiap tahun ada Solo Batik Carnaval, SIPA (Solo International Performing Arts) yang menampilkan seni dalam dan luar negeri dan bisa nonton gratis pula, juga festival2 lainnya (lihat info kota solo)
Jadi bagi yg suka jalan2, fotografi dan seni cocok bgt dateng ke solo

2. Solo Islamic Bookfair dan Pameran Komputer
Bookfairnya diadakan sekitar 3 bulan sekali di kompleks Goro As-Salam hypermarket, dan pameran komputer biasanya 4 bulan sekali di Hotel Diamond (pakai tiket masuk sekitar 5 ribu) . disana buku2 umum dan islami banyak dijual, juga herbal, dan pakaian islami menarik dan terjangkau. Biasanya kalau jalan2 sekitar solo ada bannernya di jalan

3. Banyak seminar menarik, kajian, dan symposium yang berguna bagi umum, tenaga kesehatan, dan dokter.

Di Solo ada beberapa kampus yang sering mengadakan seminar menarik, saya contohin kampus

saya sendiri, UNS. tiap bulan pasti ada seminar menarik dari berbagai fakultas yang bagus diikuti untuk menambah ilmu, baik dunia maupun akhirat. misalnya saja di Masjid Nurul Huda UNS tiap rabu, jumat, sabtu ada kajian rutin jam 6.15 pagi di sini yang insyaallah menambah ilmu dunia maupun akhirat. dari UKM fakultas dan univ juga banyak mengadakan acara kampus yang keren.

Kita sebagai mahasiswa jangan sampai jadi kupu2 dong (Kuliah-Pulang) mesti nambah ilmu dunia dan akhirat kan ya.. rugi jadi mahasiswa pas keluar ilmunya cuma bidang yang ditekuni..

Dan juga buat tenaga kesehatan, khususnya dokter , dari FK UNS sendiri tiap tahun pasti mengadakan berbagai symposium yang berguna untuk nambah ilmu juga SKP yang penting bagi dokter praktek. dan harganya pun kalau dibandingin di kota lain, daerah Solo termasuk murah. misalnya saja ada symposium dari angkatan yang mau sumpah dokter tiap tahun dr FK UNS untuk dokter sekitar 200 ribu. saya pernah lihat di jakara bisa lebih dari 400 ribu tuh🙂 Padahal jumlah SKP nya mirip2. Makanya saya suka dapet titipan dokter yang beli tiket sympo dari kota lain, hehe.

 

*Tempat santai, olahraga, dan cari makan saat weekend

Kalau di tiap kota istilahnya car free day lah. di UNS sendiri tiap minggu ada Sunday market dekat gerbang depan. ada berbagai makanan dan barang yang dijual tiap minggu, jadi kalau bingung mau sarapan, kesana aja banyak pilihan.

di jalan slamet riyadi jg ada car free day. kadang suka ada acara2 juga disana. jadi seru. ada yg main sepeda, sepatu roda, dsb.

di GOR Manahan jg sama🙂 Malah yg jualan lebih banyak lagi dan bervariasi banget

 

*Pariwisata di Solo

1. Wisata Alam

wah ternyata Solo juga punya wisata alam macam Puncak Pass-nya Bogor. Namanya Tawangmangu, didaerah sana ada air terjunnya, example jumog, grojogan sewu,

ada bekas peninggalan candi nya misal candi cetho, sukuh,

ada kebun teh dan toko dan tempat nongkrong yg jual berbagai jenis teh namanya Ndoro Dongker. dan bisa metik strawberry

kalau keatas lagi dari tawangmangu lurus aja, sampailah ke daerah sarangan, magetan. disana ada telaga bagus namanya telaga sarangan (bisa speed boat dan naik kuda juga)

ada juga BPTO tawangmangu , balai penelitian tanaman dan obat-obatan disana yg mau wisata alam plus ilmiah

2. Wisata non alam

ada museum purba di daerah dekat bandara

ada keraton solo yg bisa dikunjungi, letaknya dekat alun2 , pusat kota.

ada berbagai mall yang sekarang makin banyak aja. Solo grand mall, Solo Square, Paragon, Hartono mall, The park, carrefour

 

*Solo juga punya banyak acara dan tempat Islami yang bermanfaat

Misal aksi galang dana palestina, konser kemanusiaan, tabligh akbar, majelis tafsir Al-Quran, dsb

Nah di daerah karanganyar (dekat tawangmangu) juga ada Pesantren buat anak SMP dan SMA, namanya Isy Karima. bisa buat ikhwan atau akhwat. dan banyak penghafal Al-Quran yang dihasilkan disana. saya pernah kesana bangunannya oke dan hawa udara disana sangat sejuk. Sudah ada banyak alumni pesantren ini yg masuk UNS, bahkan FK UNS , karena ditunjang juga dari sertifikat hafal Qurannya.

 

Akhir kata, Solo pantas jadi salah satu 7 kota terbaik di Indonesia (menurut salah satu website) menurut saya. Karena kotanya bersih, jarang macet, banyak festival dan acara, serta penduduk yang mayoritas ramah =)

 

 

3 Comments (+add yours?)

  1. Riza Amelia
    Sep 04, 2014 @ 10:44:14

    Love your post a lot..

    Reply

  2. radevade
    Oct 16, 2015 @ 00:49:59

    seneng ngebaca blog kaka selama tinggal dan kuliah di solo.wah,u got many beautiful experience there🙂 Doain saya juga ya kak,smga bisa kuliah di UNS🙂 .oh ya,salam kenal ya kak

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: