Kehidupan ku di Solo ( Surakarta )

Akhirnya bikin post juga dengan kaki tangan sendiri setelah sekian lama ..

Well ,kali ini saya ingin bercerita pengalaman saya sebagai mahasiswa baru di UNS dan my new life selama sebulan lebih di Solo  + gambar2 disini😀

Solo !

– Lingkungan di Solo

Menurut saya lingkungan di sini baik,cukup sederhana dibanding kota2 besar . Di kampus saya menemukan baju yang dipakai oleh mahasiswi/a lebih sopan dibanding kota saya dulu di Bogor ,apalagi Jakarta Bandung.

Jarang sekali saya temukan kos yang bercampur laki2 dan perempuan *baguslah..

Orang orang disini lebih sering berbahasa Jawa ,tidak seperti di Bogor misalnya,walaupun bahasa Sunda tapi sedikit orang yg memakainya di kehidupan sehari hari. Tapi tenang saja kalau anda tidak bisa berbahasa Jawa pun tidak apa,dan banyak teman yg mau membantu anda belajar bahasa Jawa😉

Disini pun jarang saya temukan hal yang ‘nyeleneh’ misal di Bandung ada geng motor yg membahayakan . Yang aneh disini ada maling, *wajarlah di semua daerah pasti ada..Jadi tetap hati2, selalu kunci rumah dan kamar kalau sedang keluar .

Solo pun cukup kental agama nya,dan kalau anda takut aliran yang aneh2, tenang saja, salah satu kunci nya jangan ikut kajian yang tidak jelas dari mana asalnya *misal diajak ikut kajian sama orang br kenal dan tempatnya di luar kampus atau rahasia . Namun bukan berarti anda tidak pernah ikut kajian Islam, disarankan anda ikut kajian yg diadakan di kampus ,misal di fk uns atau masjid nurul huda UNS. Belajar ilmu agama pun penting karena kita mesti seimbang antara dunia akhirat,tul ?😉

– Makanan di Solo

Saya akui makanan dan minuman disini muraah ketimbang kota2 besar.. disini anda bisa makan pakai nasi sayur dgn 2500 rupiah bahkan mungkin bisa lebih murah dari ini.

Di sekitar kampus UNS banyak sekali warung makan dan banyak pilihannya ,jadi bermakan-ria lah disini hehehe😀

Makanan yang sering saya temukan ada ayam,lele,kakap,sayur,sop,soto,baso,mie,lotek,timlo,nasgor,sate,kebab,es,aneka jus,bubur,jamu,gudeg,nasi kucing,dan masih banyaaak lagi

Kalo di sekitar kampus UNS gak ada yg namanya indomar*t ato alfama*t ,ada sih supermarket kecil namanya Asgros disini

– Jalan-jalan di Solo

Jalanan di Solo gak macet kayak di kota2 besar,disini sedikit angkot ,jadi lebih banyak yg punya kendaraan pribadi,mis motor. Saya pun paket motor beat saya dr Bogor loh..

Disini ada bus tingkat dan kereta uap yang beroperasi di jalan raya Solo,wah unik yah..Namun keduanya biasa dipakai untuk tujuan pariwisata. Sayang sekali saya belum mencobanya jadi belum ada fotonya deh *kapan2 coba ah..

Untuk Mall ada Solo Grand Mall dan Solo Square ,sy br ke SGM ajah. Lalu ada banyak toko2 di jalanan,dan ada pasar2 spt pasar gede,pasar klewer, dan bayak baju batik solo.🙂

Nah saya pernah ke Car free day di sepanjang Jalan Selamet Riyadi ,disini banyak orang bersepeda *asiiik ,ada stand main catur juga loh, bahkan ada yg bawa anjing *tenang biasanya tdk berbahaya kok ,saya juga sempet berfoto di boneka Ngarsopuro ,juga di depan lukisan2 di ngarsopuro ini ,unik di jalan terpampang lukisan2 yg bagus

car free day di slamet riyadi

Ngarsopuro solo

main catur di car free day

lukisan wayang

Manahan

Hari minggu pagi juga saya pernah ke Manahan,semacam lapangan stadion gitu,dan di sekelilingnya banyak sekali berjejer para pedagang makanan,dan rupa aneka ragam barang2 dengan harga terjangkau😀

manahan at sunday morning

– Kos kosan di Solo

Jangan tanya, murah muraah disini loh..

Ada kosan yang setahun Cuma 1,5 juta ,ada yg 2 jt, 2,5jt , 3jt, dan yg berAC biasanya 6jt stahun. Beragam tipe kosan juga ada, ada yg khusus kos muslim ce(akhwat) atau co(ikhwan). Misalnya saya di kos IMC khusus muslim ce..hhe . Saya sarankan kalau bisa pilih kosan yg islami karena biasanya orang2nya tidak individualistis dan lebih akrab ketimbang yg biasa.

Disini juga ada pesantren mahasiswa/i ,jd yg ingin rutin aktivitas agama nya bagus nih coba disini  Kalaupun tdk tinggal di pesma/i ini, kamu bisa ikutan programnya  dirosah di Ar-Royyan dan pelajarannya ada bahasa arab,sirah nabawiyah,akidah Islam

– Kuliah di UNS

Kalau jalur undangan dan tertulis menurut saya muraaah , uang pangkal paling skitar 7 jt,uang semester 2,5 juta… dengan kualitas yg baik ,krena UNS salah satu universitas Negeri yang peringkatnya bagus,plus biaya murah dibanding yg lain

Contohnya saya kedokteran lwt undangan bayar uang pangkal 8,5 jt ditambah uang sumbangan 9jt, dan uang smesteran 2,5 jt… Kualitasnya pun bagus!

– Kalo saya sih…*maaf random

Aku suka sepedaan pagi ,jadi kalau punya sepeda bawa aja kesini,asik loh! Ni ada gambar contoh keindahan alam saat nyepeda

keindahan alam saat nyepeda

Trus pengalaman mos asik Cuma 3 hari khusus pd fk uns,tp tuganya bejibun bangettt sampe pernah tidur 2 jam an saja saya,bahkan teman sampe ada yg gk tidur ,dan hari ke3 pegang2 cadaver..hii ,tp sayang banget kalau gak ikut ! :p

Ini saat penampilan marching band di dpn gedung uns

marching band at uns

Ini saat penampilan expo UKM fk uns (lihat ada orang tiduran pake flying fox) hhe

expo uns

Saya juga ikut UKM di UNS, misalnya kopma, hmm saya pernah ikut lomba bikin es buah disini,dan kelompok kita juara hhe, nih gambarnya sblm dikasih es

es buah unik

Saya juga pernah ikut bikin parcell bareng anak2 kos IMC

parcell kreasi

Wah sudah capek nih… Sudah dulu ya, komen2 aja kalo ada pengalaman kalian di Solo,sharing tempat unik,atau yg ingin tanya,monggo..😀

63 Comments (+add yours?)

  1. Zakiyah
    Oct 14, 2011 @ 14:22:41

    wahaha dek f punya blog ta….
    itu foto parcelnya di garasi kost tsiqoh kan ya?
    hehehe

    Reply

  2. awanbiru
    Oct 27, 2011 @ 08:23:52

    fit, kapan2 ajak ke solo yaa😉
    kangen..🙂

    Reply

  3. Marzuki
    Nov 14, 2011 @ 08:18:29

    Mas. Sy baca blog anda.tp sy mau impormasi .bisa sampeyan krm sms ke no.085264172137.biar nanti sy yg telp.trims

    Reply

  4. Marzuki
    Nov 25, 2011 @ 13:59:54

    Mas. mohon rincin biaya awal dan semester,prktek dll.trims

    Reply

  5. hanafie
    Jan 09, 2012 @ 04:45:03

    sya juga mau tuh infonya…
    email ya…
    a.14_hans@ymail.com

    aku hanafi, pengen hdup di solo m uns…

    Reply

  6. snowyautumn
    Mar 06, 2012 @ 08:20:37

    @marzuki: kl sy kmrn biaya masuk 8,5 jt,, sumbangan 9 jt (bisa dicicil dlm setahun),, biaya semester 2,5 jt sudah trmasuk praktik lab
    @hanafie : info apa?email aja kl mau

    Reply

  7. Annisa
    Jun 11, 2012 @ 08:57:00

    Salam kenal … Saya rencana mutasi kerja ke Solo, karena ada rencana melanjutkan kuliah pasca sarjana di sana. Saya ingin tahu, di Solo ramai kendaraan dan banyak tindak kejahatannya ngga ya? Kalau kantor Bank BII di Selamet Riyadi dengan kampus UMS dekat ngga? Kalau UNS kan di Ir Sutami ya, jauh banget dari KC BII. Kebetulan saya bekerja di BII. Kalau di Solo, jarak antara satu tempat ke tempat yang lain berapa jauh ya? Yang paling jauh berapa lama sampainya? Maaf banyak nanya, soalnya belum ada gambaran sama sekali.

    Reply

    • snowyautumn
      Jun 11, 2012 @ 23:15:55

      Salam kenal mba.. Solo kendaraannya tidak seramai kota2 besar..jalan raya nya nyaman,, setahu saya tindak kejahatan tidak banyak mba..kt tmn sy, BII slamet riyadi dan UMS cukup jauh tapi masih sejalur . Solo tdk begitu jauh kok tmpt2 nya ,,

      Reply

  8. Ira septian A
    Jul 08, 2012 @ 05:44:17

    Ass..ikut gabung yaa ka..🙂
    aku anak baru d’UNS nii,,
    bisa sharing lebih jauh ga kak,,sekitar kehidupan dsana..
    b’hubung aku anak cewe,mmah jdi khawatir klo aku kuliah d’UNS…
    maklum,,jauh. .hoho. .😛

    Reply

  9. yugo
    Jul 24, 2012 @ 05:44:47

    thanx . info nya mba , jadi pengen nglanjutin S2 di solo

    Reply

  10. vha
    Sep 12, 2012 @ 06:57:36

    salam kenal,,, mau tanya, alamat kost muslim itu dmn??? mgkn ad no.tlpnya???

    Reply

  11. yeyet
    Dec 01, 2012 @ 03:02:06

    Assalamualaikum…
    Kuliah di Uns ya?
    Saya berminat mau lanjutin S2 k.uns…. di sekitar uns ada kontrakan ga ya? Kisaran hrga brp ya?
    Thanks infonya…

    Reply

  12. Ali rasyiid muhammad
    Dec 25, 2012 @ 22:18:36

    Ka, kalau pesantren bwat mahasiswa ,tapi yg dket ma kampus UNS ada ga ya. ??

    Reply

  13. eny
    Jan 05, 2013 @ 23:49:19

    Mba aku bisa hub kamu gak? Minta no telponnya. Insya Allah tgl 28 januari ini mau survey ke UNS, buat anakku dia jg pingin fk uns, tapi bingung gak punya kenalan, kalau boleh kenalan sama mba seneng banget
    Aku tunggu ya
    Salam
    Eny

    Reply

  14. snowyautumn
    Jan 08, 2013 @ 03:00:06

    @Ali: Ada , namanya pesantren mahasiswa Ar-Rayyan, dekat sekali kok sama UNS. temen sy juga ada yg disitu beberapa🙂
    @eny: Jujur aja mba kayaknya saya gak di Solo tggl segitu, pastinya udah pulang kampung.. mba email aja ke saya, barangkali ada kk kelas sy yg dsna. email ke megumi_shinseina@yahoo.com

    Reply

  15. k.intan.s
    Jan 15, 2013 @ 16:53:20

    wah f ngeblog juga ternyata, keren2!!

    Reply

  16. dika
    Jan 18, 2013 @ 13:08:16

    kosannya itu sudah sama mkannya apa belum??
    murah ya…🙂

    Reply

  17. snowyautumn
    Jan 28, 2013 @ 13:36:30

    @intan: wah intan sering kepo sama aku ya ternyata hha
    @dika: kayaknya belom deh, tp dpn pesma ada warung dn skitarnya jg banyak n murah

    Reply

  18. Perantara Ku
    Mar 08, 2013 @ 03:39:41

    untuk kos harian di solo bisa dijumpai dmana yah mas..

    Reply

  19. Zuly Kristanto
    Jun 13, 2013 @ 06:21:07

    assalamualaikum
    mbak saya mau tanya, apakah di sekitar UNS ada kost-kostan yang bayarnya tiap bulan? kalau ada saya minta infonya mbak ya. soalnyanya bulan depan saya pindah kerja ke solo

    Reply

    • snowyautumn
      Jun 14, 2013 @ 10:28:37

      waalaikusalam, pasti ada mas yang bayarnya tiap bulan . itu tergantung daerah mana mas, sy cuma tau sekitar kampus

      Reply

      • dima atsyari
        Jun 26, 2013 @ 07:57:09

        ka kenalan ya nama saya dima, saya dari balikpapan. ka mau nanya kosan ka setahun berapa? dan dekat nda ke UNS nya soalnya rencananya saya mau kuliah di FK UNS, klo kosan yg berAC yg 6jt itu dekat kampus atau dimana? hehe maaf ka banyak tanya

  20. snowyautumn
    Jul 08, 2013 @ 06:00:08

    halo Dima, berbeda2 dik,, ada yg 2,5 jt pertahun, ada yg 4,1jt pertahun, ada yg 6 jt pertahun semuanya dkt kampus.. AC ada sih,,
    kl km bneran masuk sini, email aku aja ya dik. ntr aku tunjukkin k kamu kos2 an kita IMC https://snowyautumn.wordpress.com/2013/07/08/info-kos-muslim-untuk-mahasiswa-baru-uns-2013/

    Reply

  21. Afrizal
    Oct 06, 2013 @ 02:16:00

    Assalamualaikum

    Perkenalkan nama saya Afrizal mahasiswa D3 jurusan Teknik Energi Politeknik Negeri Bandung asal Gresik, Jawa Timur. Saya baru lulus dan diterima program transfer S1 Teknik Mesin di UNS. Mulai perkuliahan akhir januari 2014. Nanti Desember insya allah mau ke Solo untuk mencari kos-kosan. Bolehkah saya dibantu untuk dicarikan kos2an??

    Masalah budget nomor sekaian, yang penting bersih, nyaman dan kalo bisa ada ACnya.

    Terimakasih dan saya tunggu jawabannya

    Reply

  22. snowyautumn
    Oct 29, 2013 @ 22:55:36

    waalaikumsalam.nanti saya balas emailnya, sy ksh kontak kaka yg bs bntu

    Reply

  23. dini
    Feb 13, 2014 @ 12:55:07

    assalamualaikum..saya pgn bgt kuliah di uns hehehe. transport umum di solo susah ya kak?wah repot jg, saya gak bisa bawa motor soalnya

    Reply

  24. Nurul Azmaniar Ubbar
    Mar 05, 2014 @ 09:45:33

    assalamualaikum:)
    salam kenal kak:) saya Nurul dari makassar, rencananya mau lanjut di UNS dan mau ngambil FK, tapi masih ada rasa ragu sih kak, soalnya mau ngambil jalur SNMPTN tapi nilai aku cuma rata2 8 -_-
    jelaslah pasti banyak banget pesaing dari berbagai daerah.. *maaf jadi curhat begini*
    yang mau aku tanyain, passing grate FK berapa yah kak?dan peminatnya berapaan?
    Segitu aja kak, makasih:)
    Asalamualaikum:)

    Reply

  25. MLourdes
    Jun 09, 2014 @ 02:14:08

    Selamat Pagi Mbak, Saya dari Timor-Leste ingin tanya tentang koskosan di Solo untuk orang yang bukan Islam? Sebab saya orang katolik.
    Trims ya mbak

    Reply

  26. snowyautumn
    Jun 16, 2014 @ 08:36:19

    dini: enaknya mmg bwa motor. tp kl gbs ya cri kosan yg dkt univ ..banyak yg jalan kok dsni. kl k kota ada bus trans solo jg
    @nurul: waalaikumsalam jujur aja yg byk ktrima yg rata2nya 90 or lebih. berjuang lwt tulis aja🙂 !
    Mlourdes: itu banyak kok yg bebas.. bisa dicari

    Reply

  27. Liapontina
    Jul 13, 2014 @ 19:19:17

    salam kenal mbak. menarik sekali isi artikelnya🙂 saya ingin sekali lanjut di uns. saya mau nanya program transfer S1 UNS nya masuk pagi atau malam?? trims

    Reply

  28. icha
    Jul 23, 2014 @ 22:06:31

    aslm, alhamdulillah, makasih banyak ya infonya, blognya membantu🙂 insya allah nanti aku ada tes transfer jalur s1 semoga bisa sharing sama kamu ya nanti kalo aku masuk. seneng kalo ada temen sama sama satu kota hihi

    Reply

  29. lisaang
    Aug 13, 2014 @ 03:30:01

    Kak, di sana kamar kosnya ada yg pake kamar mandi dalam nggak? Kamar mandi di dalam kamar gitu. Kira-kira setahun berapa ya kak? Kalo kosan kakak fasilitasnya apa saja? Terima kasih🙂

    Reply

  30. snowyautumn
    Sep 03, 2014 @ 23:17:18

    @liapontina: saya krg tau. tny k website y
    @icha: wah satu kota🙂 email aja kak
    @lisang: ada kl kmr mandi dalem rata2 4 jt keatas

    Reply

  31. Dwima
    Oct 19, 2014 @ 09:52:59

    kak itu kostnya yg khusus ce muslim di jalan apa ya? makasih.: )

    Reply

  32. hanim kholidah
    Nov 10, 2014 @ 03:42:16

    maunanya, kalo mau ngekos sehari dua hari dekat Balai Kerja Latihan Industri (BBLKI) surakarta jl. Bhayangkara kira2 ada apa tidak, terimakasih, saya hanim dari surabaya.

    Reply

  33. fitroh
    Nov 11, 2014 @ 02:08:29

    mba hanim, ikut test d BBLKI ya? kebagian tgl brapa? saya juga sama…ni masih bingung rute nya, kira2 tau ga dari terminal mau k BBLKI (jl bhayangkara) naik apa?

    Reply

  34. Awee
    Nov 30, 2014 @ 05:38:09

    Kak biaya FK kedokteran UNS kira2 skrg brp?

    Reply

  35. alamsitha
    Jan 23, 2015 @ 03:13:44

    kak, kost”an buat cewek yang deket FISIP UNS kamar mandi dalem, alamatnya dimana yah..?

    Reply

  36. Fani Apriani Adha
    Jan 28, 2015 @ 14:16:24

    assalamualaikum ka, aku pengen banget kuliah ke uns tapi gak punya biaya. bisa share gak cara dapet beasiswa di uns gimana?

    Reply

  37. Hasbullah
    Jan 29, 2015 @ 12:31:14

    wah serunya, pengen lulus di UNS😀 Amiin~

    Reply

  38. gory
    Feb 19, 2015 @ 08:15:23

    Kak, saya sering dengar kalau mhs kedokteran itu orangnya sombong, maaf nih. Tp ini benar ngga sih kah?

    Reply

  39. enggar yuhana
    Mar 21, 2015 @ 07:43:36

    Waahh, ga sengaja ikut-ikutan baca jadi pengen… boleh tanya2 seputar kos-kosan dekat uns kah? saya calon mahasiswi.. hhe

    Reply

  40. Citra Putri
    Jul 14, 2015 @ 17:18:31

    Assalamu’alaikum…mohon infonya klo kosan khusus ikhwan di sekitar UNS ada apa aja yah nama dan alamatnya.. adik sy baru mau masuk UNS, terimakasih. Boleh email ke citraputrimeirian@gmail.com
    Tks

    Reply

  41. Dedi Haryadi
    Jul 23, 2015 @ 10:27:08

    Assalamualaikum WW …. sangat informatif buat yg akan kuliah di solo.
    kbtulan anak (laki2) saya jga mau kluliah di UNS lgi cari kos wass, dedihyd@gmail.com

    Reply

  42. Lavender05
    Oct 29, 2015 @ 12:16:57

    Kak thn dpn aku ada niatan mau lanjut ke FK UNS lewat tes tulis, mohon minta tipsnya ya, semoga aja keterima.
    Trims sebelumnya

    Reply

  43. awe
    Jan 22, 2016 @ 02:49:15

    Kak yg untuk pesantren mahasiswa itu lokasiny di deket uns ga??? Dan brp bayarannya ya kk?
    Sy insyaAllah mau ambil FK uns 2016

    Reply

  44. Wiwin Ariani
    Feb 22, 2016 @ 21:33:06

    Mbak mau tanya bagaimana cara mba bisa lolos di Fk Uns mba? Bagi tips mba sya anak kelas XII yang ingin sekali masuk kedokteran mba..

    Reply

  45. Ohi
    Mar 08, 2016 @ 08:44:45

    Permisi nih sebelumnya, gimana makananannya mbak? Apa bener makanannya manis semua T.T

    Reply

  46. Nadya
    Oct 09, 2016 @ 03:56:25

    Assalamualaikum ka, mau nanya kl yg untuk pesma itu biayanya berapa ya?
    Aku dari Jakarta, pengen banget lanjutin ke uns

    Reply

Leave a Reply

