Posted in Uncategorized

Bahagianya Diterima Exchange di Bursa, Turkey !

Fabiayyi ala irabbikuma tukadzziban.. Maka Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?
(Qs. Ar-Rahman: 55)

Gambar

Alhamdulillah, setelah berminggu-minggu menanti jawaban email dan kegelisahan menunggu balasan email dari manager project di Turkey, Akhirnya Allah memberikan jawabannya pada 20 November 2013.

Sebelumnya saya sudah banyak mendaftar ke negara2 Eropa lain (sambil menunggu balasan dari Turkey yg tak kunjung datang) . Dari Budapest Hungaria yg hanya mengisi formulir ditolak, Italy yg interview nya cuma lewat chatting juga rejected, Tapi entah kenapa aku gak sedih, soalnya sebenernya mereka bukan negara yg aku targetkan dari awal. Tujuan ku dari awal aku ingin daftar ya Turkey.. 

Turkey, Negerinya Panglima Perang penakluk Konstantinopel yang begitu tersohor di penjuru dunia. Apalagi bagi para ikhwah di Indonesia. Bahkan dulu Istanbul pernah menjadi pusat pemerintahan di zaman kekhalifahan, lengkap dengan Gereja yang ditaklukkannya sehingga menjadi Masjid Hagia Sophia yang sekarang dijadikan museum. Rasanya dari SMA saya benar-benar ingin kesana. 

Rasanya tidak heran kalau Orang Turki bangga sekali akan negaranya. Turki adalah negara yang mempunyai bagian Eropa dan Asia yang dipisahkan oleh selat Bhosporus yang terkenal. Selain itu mereka mempunyai beberapa bagian yang mendapat 4 macam musim . Ini merupakan pengalaman pertama saya nanti untuk merasakan dinginnya salju di Bursa, Insyaallah..

Satu hal lagi yang saya salut, Turki dibawah pemerintahan PM Erdogan menjadi semakin maju dan alhamdulillahnya lebih Islami dibanding dahulu. Sebelumnya Turki dengan kebijakan yang tidak masuk akal melarang para muslimah berjilbab apalagi ke sekolah-sekolah. Padahal lebih dari 90 % masyarakat Turki adalah Muslim. Dan sekarang Erdogan menghapus kebijakan itu.

Jadi ingat kata teman saya, Erdogan mempunyai strategi politik yang baik, dia memang awalnya tidak berkampanye tentang kereligiusannya, karena dia tahu Turki itu sekuler. Namun setelah terpilih ia rubah dan semakin memajukan Turki sehingga menjadi 20 besar negara dengan ekonomi terbaik di Eropa. Barulah setelah sejahtera, ia tanamkan nilai2 Islam di negara muslim yg sekuler ini. Salah satunya dengan menghapus larangan berjilbab.

Kembali ke kisah saya, Saya merasa beruntung sekali bisa diterima interview lewat skype oleh wanita Turki cantik bernama Merve. Sebenarnya saat diinterview saya merasa gugup, namun alhamdulillah Allah memberi pertolongannya, dan rasanya seperti mimpi saya diterima ! Alhamdulillah Allah mengabulkan doa kami dengan diterima di program AIESEC di Bursa, Turkey.Ya Allah senang sekali ! Saya langsung beli pulsa dan langsung menelepon orangtua saya yg selalu mensupport dan mendoakan saya :’) 

Bismillah, Insyallah saya berangkat tanggal 19/20 Januari 2014. Dan akan mengerjakan project bersama teman lain yang berbeda negara di Pusat Rehabilitasi Anak yang mempunyai keterbatasan. Saya bersyukur bisa diterima di project yang sangat sosial dan tentunya akan memberikan saya banyak pengalaman

Doakan saya agar lancar ya ! 🙂

Author:

Seorang mahasiswa yang senang mencari hal hal yang baru.Suka akan tantangan dan perjuangan dalam hidup.

22 thoughts on “Bahagianya Diterima Exchange di Bursa, Turkey !

  1. Haii. Anyway aku juga ikutan aiesec winter exchange. Aku apply projectt break up the barriers juga tapi di eskisehir 🙂 kalau jadi bisa tuh kita kabar2 pas udah dsana. aku berangkat tgl 9 januari-16 feb.anyway km LC mna ?

    1. Hi, seneng deh ketemu yg sama2 project d turki juga.. Aku di Kota Bursa, tapi baru mulai tggl 21 januari projectnya.. yuk saling berkunjung kota 😉 di Bursa terkenal ski resortnya lho..
      kamu ngelebihin hari gak disana? kapan mau ke hagia sophia nih?

      1. hey, boleh minta email kalian ga yg mau ke turkey, aku juga nanti 1 februari, travelling bareng keliling istanbul yuks.. it’ll be fun guys !! 😀

    1. Hehe, makasiiih sasa 🙂
      hmm gak bolos, tapi kayaknya gak ikut satu blok (sekitar tiga minggu) ,mgkn bakal ngulang blok itu di semester padat. yeah if we chase our dream there must be something to be sacrificed ,but im sure it will be a wonderful experience 😉

  2. Alhamdulillah, selamat ya atas penerimaan student exchange nya di Bursa!
    Saya pemilik blog http://endonezyam.wordpress.com/ yang pernah anda kunjungi dan komentari.
    Turki punya 3 Kayak Merkezi (ski resort), Uludağ – Bursa, Erciyes – Kayseri, dan Palandöken – Erzurum. Dan saya adalah salah satu pelajar di kota Kayseri. Insyaallah kalau ada waktu mampir ke Kayseri ya. Salam kenal. 🙂

    1. Teşekkur ederım 🙂 wah blog mu bagus dan berguna banget buat org indonesia yg mau belajar.. sy jg punya web bgs utk bljr bahasa : livemocha.com
      iya saya lihat di pesawat, sekitar kayseri gunungnya udh bersalju , çok güzel,,

  3. Assalamualaikum,, sebelumnya saya mau mengucapkan selamat. Senang rasanya ya bisa diterima. Jujur saya juga ingin sekali seperti mbak.. boleh share info tentang step2 yg mbak lakukan nggak? karena sebelumnya saya coba aiesec di ugm tapi mereka bilang tidak ada negara tujuan turki.. 😦 sedih deh

  4. Assalamuallaikuk kak, saya salut sama kakak. Kakak telah memiliki beberapa hal yang jadi mimpi saya. Diantaranya adalah lolos fku uns snmptn undangan. Insya Allah, tanggal 27 mei 2014 nanti bakal menentukan apakah saya bisa seperti kakak atau tidak. Boleh tanya gak kak? Di UNS benar menganut sistem putra daerah itu gak sih saat penerimaan SNMPTN? Terus terang saya khawatir kak soalnya saya bukan putera daerah. Mohon balasannya. Trims

  5. kak daftar projectnya lewat apply langsung di web myaiesec atau ngirim cv + motiv letter ke email TN nya ? 🙂

  6. Halo, saya Chrisna dan mau ikutan exchange di Turki untuk program summer, tepatnya di Bursa juga, aku juga mau ambil project seperti kamu, tp untuk summer biaya makan ga ditanggung, kalau boleh tau, biaya hidup di Bursa berapa ya kira2? Terimakasih

  7. @chila: wah turki tuh ada.. yg nginfoin mgkn nggak tau tuh. ya kl sudah terregistrasi bisa dicoba masuk ke sistem nya. yg ptg llus wawancara dlu
    @nuriz: memang msh byk yg dr SMA solo, krg tau kl kelahiran Solo nya aja. tp skrg byk kok dr mana2 masuk sini
    @Intan: langsung ke email TN nya
    @chrisna: hmm lumayan banyak. soalnya satu lira 6rb. tp bisa kok kl emg mau hemat. yg bkin mahal kl sering makan d resto dan srg jalan2 jauh 🙂

  8. halo.. saya ingin mengucapkan selamat terelbih dahulu sm kamu keterima di turki 🙂 kebetulan saya juga keterima untuk exchange summer ini tp saya postpone ke winter karena ada urusan kuliah wajib. nah saya berencana untuk memilih turki, kira-kira biaya di turki selama disana brp sih? dan apa aja sih trik-triknya selama wawancara? makasi 🙂

  9. maaf kak menggangu , saya jg ingin ikut exchange ke turkey .mau ga bantu saya bagaiimana cara nya mengikuti exchange dan persyaratannya

  10. assalamualaikum, setelah membaca beberapa postingan kakak, saya sangat tertarik untuk belajar banyak dari pengalaman kakak, saya juga sangat mengagumi Turki dan segala sejarah keislamannya. kak, boleh minta alamat fb atau emailnya? 😀 syukron ;;)

  11. assalamu’alaikum ukhti, salam kenal dr ain aku mengirim sebuah email 😀 tlg di cek ya ukh makasih ukh 🙂

Leave a comment