Mengapa harus Shalat Tahajud ?

Semoga bermanfaat ^__^ Ayo baca yg seksama &mpe abis !😀

Shalat Tahajud itu shalat malam yg dkerjakan setelah tidur.,,
Shalat tahajud ini paling utama dikerjakan loh stelah salat fardhu..!

dari Qs Al Isro:79

Allah SWT di dalam Al-Qur’an :
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”

haditsnya :
Sahabat Abdullah bin
Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

waktunya:
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )

>>>>kalo saran dari aku,sih,,biar gampang bangun untuk sholat,lebih baik bangun jam stengah 4 pagi,soalnya skalian shalat subuh>kan j 4.20 tuh ..skalian siap2 sekolah/berktivitas juga kan😀 trus juga termasuk waktu PALING BAIK krna 1/3 malem trakhir…Jadi bisa skalian berdoa yg kt mau, kan ^_^

*Rakaatnya bisa dari 2-8 ..kalo bisa sih ditambah witir(rakaatnya ganjil) bisa brp aja sih,tp umumnya 3 rakaat.

Nah saat 1/3 malam terakhir inilah waktu yang ampuuuh agar doa di ijabah /dikabulkan..

kenapa?
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

InsyaAllah haditsnya Bukhari-Muslim shahih kok..!

Makanya doa-doa kita kalau mau diijabah coba pda waktu ini..(1/3 malam trakhir)..skalian tahajud juga

Lalu keutamaannya?

ternyata,,gak hanya di dunia,tapi juga diakhirat lho kita dapatnya!
sayang bgt klo dlewatkan..~~

Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

Keutamaan di dunia:

1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Keutamaan di akhirat:

1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Saat menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim,sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Aku denger dr mentoring plus (liqo) ternyata saat tidur setan tuh mengikat kita dengan 3 ikatan tali yang akan membuat kita malas/kurang fresh di hari hari kita kecuali….
1. kita bangun dan menyebut nama Allah..lepaslah satu ikatan
2. lalu kita mengambil wudhu,lepaslah dua ikatan
3. dengan slt malam(tahajud) maka lepaslah seluruh ikatan setan tsb😀

Tapi kadang2 suka susah bangun bwt slt tahajud ya?
Trus gimana tips nya agar kita bisa bangun tahajud ?

Kalo kata saya sih:
1. Tekadkan untuk shalat ini,niatkan yg benar..motivasi untuk meraih keutamaan2 diatas ingetin terus..slain itu jg u/ mendekatkan diri pd Allah
2. Pasang Alarm!
3. Kalo susah bangun ,,coba untuk duduk ,jgn tiduran dulu,,habis itu lgsg berdiri,masih susah,coba percikkan air ke mata
4. Kalo mau lebih fresh minum air putih
5. Langsung wudhu…>>kalo ada yg suka takut ke kamar mandi,,tekadkan untuk tidak takut,yakinlah,,orang yg bersama dgn Allah akan selalu dilindungiNya..Percaya dan yakin!

udah deh..Shalat Tahajud yg dilakukan konsisten&terus menerus pasti akan menghasilkan sesuatu pd kita..liat aja!hhe

bbrp sumber dari
tahajudcallmq.wordpress.com

12 Comments (+add yours?)

  1. langit biru
    Dec 20, 2009 @ 12:42:01

    wah,,memang benar tahajud itu kereen :>

    Reply

  2. hanyacatatankecil
    Dec 26, 2009 @ 01:50:34

    insya allah bakal banyak manfaatnya jika terus selalu shalat tahajud. insya allah

    Reply

  3. Prib
    Dec 26, 2009 @ 12:21:46

    terkadang susah bgt buat bangun…
    udah nyetel ala=rm,eh malah bangun, nyalain lampu, trus tidur lagi
    ya segala sesuatu emang tergantung niatnya sih

    Reply

  4. snowyautumn
    Dec 28, 2009 @ 03:56:22

    hhe..keren!
    Amin semoga bsa terus istiqomah
    ..iya memang susah tapi kalo slalu inget keutamaannya jadi lebih semangat

    Reply

  5. Jundullah
    Jan 01, 2010 @ 01:24:41

    Hoo…ini promosi proker TI ya? TaCall…

    Reply

  6. snowyautumn
    Jan 04, 2010 @ 23:41:56

    hm..bs dbilang,,tp emang pengen nulis ttg tahajud😀

    Reply

  7. akhnurhadi
    Jan 09, 2010 @ 23:01:49

    sudah tahu manfaat dan tata cara, tapi kebanyakan orang malas menegrjakannya…

    Reply

  8. Fadya Nafasya
    Mar 12, 2010 @ 17:02:28

    Alhamdulillah C,udh mnding bsa bwt bngun mlm..
    Tp klo udh cpe’ bgt ya kdang” gak bngun,,
    hehe9x!!

    Syukr0n ats informsiNy_
    sm0ga dpt Brmnfa’at bgi Qta smua.
    Amien_!😄

    Reply

  9. Rifai Tawang
    Dec 04, 2011 @ 13:48:14

    Tahajjud menempatkan kita berhadapan langsung dg Maha pencipta.dn memuliahkan hambah2nya yg bangun tengah malam………..

    Reply

  10. iechaa
    Dec 08, 2011 @ 14:22:03

    kenapa ya tiap kali mw tahajjjud adda aja penghalangnya
    1.ngantuk
    2.dingin
    3. malas
    4. merinding dsb.

    Reply

  11. Trackback: Mengapa harus Shalat Tahajud ? | INNO MUSLIM
  12. Arjun Lap
    Apr 04, 2013 @ 11:49:10

    Harus Bertekad Nih… Semangat Semangat Smangat… Mengejar Ridho Allah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: