Posted in Islamic

Mengapa harus Shalat Tahajud ?

Semoga bermanfaat ^__^ Ayo baca yg seksama &mpe abis ! 😀

Shalat Tahajud itu shalat malam yg dkerjakan setelah tidur.,,
Shalat tahajud ini paling utama dikerjakan loh stelah salat fardhu..!

dari Qs Al Isro:79

Allah SWT di dalam Al-Qur’an :
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”

haditsnya :
Sahabat Abdullah bin
Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

waktunya:
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )

>>>>kalo saran dari aku,sih,,biar gampang bangun untuk sholat,lebih baik bangun jam stengah 4 pagi,soalnya skalian shalat subuh>kan j 4.20 tuh ..skalian siap2 sekolah/berktivitas juga kan 😀 trus juga termasuk waktu PALING BAIK krna 1/3 malem trakhir…Jadi bisa skalian berdoa yg kt mau, kan ^_^

*Rakaatnya bisa dari 2-8 ..kalo bisa sih ditambah witir(rakaatnya ganjil) bisa brp aja sih,tp umumnya 3 rakaat.

Nah saat 1/3 malam terakhir inilah waktu yang ampuuuh agar doa di ijabah /dikabulkan..

kenapa?
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

InsyaAllah haditsnya Bukhari-Muslim shahih kok..!

Makanya doa-doa kita kalau mau diijabah coba pda waktu ini..(1/3 malam trakhir)..skalian tahajud juga

Lalu keutamaannya?

ternyata,,gak hanya di dunia,tapi juga diakhirat lho kita dapatnya!
sayang bgt klo dlewatkan..~~

Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

Keutamaan di dunia:

1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Keutamaan di akhirat:

1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Saat menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim,sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Aku denger dr mentoring plus (liqo) ternyata saat tidur setan tuh mengikat kita dengan 3 ikatan tali BACA TERUS! 😀