Posted in INFO FK , UNS

Tahun Depan, Hafidz Al-Qur’an Masuk Tanpa Tes di UNS

dakwatuna.com – Solo. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan langkah terpuji. Mulai tahun depan, siswa setingkat SMA yang hafal Alquran (hafidz) bisa masuk melalui jalur tanpa tes di universitas tersebut.

anak anak membaca quran

‘’Keputusan ini sudah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari semua pihak. Tahun depan kami rencanakan dimulai, hafidz Quran akan diterima tanpa tes di UNS,’’ kata Rektor Prof Ravik Karsidi.

Saat menutup tarawih di kantor pusat UNS yang berlangsung tujuh kali sejak awal Ramadan lalu, dia mengatakan hal itu sebagai sebuah dukungan atas upaya memberikan nuansa kerohanian bagi kampus.

‘’Kami ingin membentuk insane yang tidak saja memiliki kecerdasan otak, namun sekaligus juga memiliki kesalehan social yang dilandaskan pada ajaran agama, khususnya Alquran,’’ kata dia.

Karena itulah keberadaan para hafidz di kampus itu, diharapkan akan menularkan virus kesalehan seorang manusia yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus diharapkan akan membawa kesalehan bagi para warga kampus lainnya.

Tidak hanya itu, Ravik juga meminta kepada pengelola fakultas sampai ke jurusan maupun program studi, untuk menjadwalkan secara rutin adanya tausiah ataupun semacam pengajian rutin di lingkungan mereka.

‘’Saya yakin ini salah satu upaya membentuk manusia Indonesia yang berkarakter. Pendidikan karakter itu harus ditanamkan melalui pemahaman agama secara baik oleh semuanya. Karena itu diharapkan langkah ini bisa berlanjut terus,’’ kata dia.

Rektor juga meminta kepada dosen agama Islam di setiap fakultas untuk memelopori kegiatan tersebut di lembaganya. Mereka harus bisa menjadi contoh dalam pengalaman nilai keagamaan bagi lainnya.

‘’Saya ingat di awal-awal bekerja di UNS ini, ada semacam ketakutan atau keengganan seorang dosen yang menunjukkan identitas keislamannya. Situasi dan kondisinya saat itu memang berbeda dengan sekarang,’’ kata dia.

Namun saat ini, justru setiap warga kampus harus bisa menjadi pelopor dalam mengamalkan ajaran agamanya, dan menunjukkan jati dirinya sebagai seorang Islam yang memiliki kesalehan. (Joko Dwi Hastanto/CN34/JBSM/SMCN)

***
Wah Subhanallah yah ,semoga kita bisa lebih terpacu untuk lebih meghapal lebih banyak 🙂
Go UNS ! jaya ! hhe.. 😀

Advertisements

Author:

Seorang mahasiswa yang senang mencari hal hal yang baru.Suka akan tantangan dan perjuangan dalam hidup.

19 thoughts on “Tahun Depan, Hafidz Al-Qur’an Masuk Tanpa Tes di UNS

  1. aslm, alhamd ana udah m’hfal tp blom 30 juz. berapa juz minimalnya kak??? kak, ada ngak temen kakak lulus undangan dari sumatera barat? ana dari sman 1 padang panjang. mohon do’anya ya kak….

    1. Waalaikumsalam wr wb, setau saya semua fakultas, jadi gini dik Zul, saya sudah tanya ke salah satu anak FK yg masuk UNS.
      Jadi ternyata tahfidz adalah penunjang. Yang utama dilihat adalah nilai rapor dahulu. tidak harus dari SMA negeri,
      jadi adik kelas saya itu mengajukan lewat snmptn undangan, nah dia mencantumkan sertifikat tahfidznya (dia hafidz 30 juz, *tapi sebenarnya minimal 10 juz). tentu saja dilihat rapornya juga , kan juga bagus, ya diterima atas izin Allah. Oya, katanya ada tes bbrp surat/ayat gitu dr UNS nya juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s