Berbagi pengalaman tentang SNMPTN Undangan

Sewaktu  setelah saya diterima di FK UNS lewat SNMPTN Undangan, saya ingin mengabadikan momen ini dengan menulis tulisan FK UNS , alhamdulillah keterima juga . Saya tidak menyangka akan ada banyak orang yang menanyakan ini itu seputar jalur masuk undangan ini . Jujur saya lumayan kewalahan kalau membalas semua pertanyaan satu satu, apalagi ada pertanyaan yang sama berulang kali . Untuk itu saya membuat post rangkuman ini untuk menjawab sebisa saya tentang  SNMPTN Undangan ini

Saya termasuk orang yang beruntung karena ikut merasakan manisnya SNMPTN Undangan ini, karena saya tidak perlu ikut tes SNMPTN tulis lagi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri ini. Alhamdulillah, ya :)

Berbagi Pengalaman seputar SNMPTN Undangan

Dari Sub-Judul nya saya akan menerangkan seputar pengalaman saya tahun lalu soal snmptn Undangan (bisa sedikit dibilang tips / kiat khusus snmptn undangan) ,sekaligus menjawab pertanyaan yang ada di blog saya, yasudah kita mulai saja ya !

  • T: Biasanya SMA mana yang diterima SNMPTN Undangan ?

J: Kalau menurut sepengetahuan saya banyak siswa yang diterima dari sekolah yang akreditasinya baik ,favorit ,dan PTN juga melihat alumnus nya lho ! Oya,satu lagi yang paling penting! Sekolah tersebut Diundang ,dan tidak di blacklist. Sekolah yang di blacklist salah satunya bisa karena memalsukan data nilai undangan atau Salah Ketik saat memasukkan data,jadi harus ekstra hati hati ;) ,karena saat pendaftaran PTN diminta fotokopian rapor kita

  • T:Nah siswa yang diterima bagaimana? kan dari satu sekolah pasti banyak yang daftar,bagaimana peluangnya?

J: Dari sepenglihatan saya tahun lalu, orang2 yang diterima di snmptn undangan itu biasanya punya nilai rata2 /nilai rapot yg tertinggi atau dia punya kelebihan tertentu dibanding teman teman yang lain. Jadi kalau dalam satu sekolah favorit persaingannya ya dengan teman satu sekolah dulu. Misalnya di sekolah saya banyak yang daftar ke FK UI,nah yang diterima itu yg tertinggi nilainya di sekolah saya :D . Biasanya FK UI ,atau FK lain memang mengambil satu /dua atau (pokoknya hanya sedikit) dari tiap sekolah favorit ,tapi biasanya jurusan lain mengambil beberapa orang. Misal di sekolah saya lumayan bbrp orang daftar ke farmasi itb, nah ada 3 orang tuh yang diterima.

  • T: Lah,berarti kalau saya nilainya gak termasuk 3 besar tertinggi dari yang daftar di sekolah saya,gak ada kemungkinan saya diterima??

J: Loh,saya kan gak bilang mutlak,saya bilang biasanya lho.. Buktinya aja,ada loh yg nilainya tidak 5 besar tertinggi tp masuk jurusan favorit di itb . Saya juga bingun kok bisa ya, tapi mungkin ada kelebihan dalam dirinya,mungkin suatu keberuntungan yg saya gak tahu. Jadi semua orang punya peluang diterima dong kalau Dia menghendaki .Tapi ya itu, kecil persentasenya.  Jadi jangan pernah bergantung pada snmptn undangan doang. kita harus punya jurus lain kalau mau diterima di PTN ,misal persiapan full untuk snmptn tulis :)

  • T: Jadi intinya ,lihat kondisi sekolah, kondisi nilai, dan saingan di satu sekolah itu sendiri ?Bagaimana dengan sertifikat?

J: yup! Saya kira sertifikat mungkin akan membantu anda,namun jangan berkecil hati kalau tidak ada lomba2 yang keren yang anda menangi . Anda juga bisa masukkan sertifikat anda di beberapa organisasi di sekolah anda, karena mungkin itu bisa membuktikan anda bukan orang yang hanya belajar saja di SMA.

  • T: Apakah ada batasan minimal nilai nilai untuk suatu jurusan ??

J: banyak yang menanyakan ini pada saya, bahkan ada yang menanyakan peluang nilai mereka ke saya . JUJUR saya tidak tahu menahu nilai ambang batas seperti itu, atau nilai yang ‘mengamankan’ mereka untuk diterima.Jadi mohon jangan tanyakan kepada saya,karena saya pun bingung menjawabnya . Karena tahun lalu saja tidak ada persyaratannya. Jadi yah bisa dibilang snmptn undangan ini bikin galau ;) Ya tapi saya kan sudah sebutkan sedikit tips tips diatas,siapa saja yang biasanya diterima

  • T: Oh begitu,, saya juga bingung menentukan universitasnya, bagaimana ya?

J: Berdasarkan pengalaman saya,pilihlah universitas yang daya saingnya anda lebih berpeluang untuk diterima. Yang memungkinkan nilai rapor anda lebih tinggi dari yang lain. Jadi tahun lalu itu saya begini, saya melihat banyak sekali yang daftar di FK UI,FK UGM, jujur pada awalnya saya ingin masuk situ,tapi karena melihat persaingan dari data di BK, nilai saya kalah dibanding nilai teman2 saya yang mau daftar kesana. Akhirnya saya urungkan niat karena saya ingin sekali diterima di kedokteran Jadi universitas yang lain tidak masalah bagi saya , Setelah melihat lihat ,ternyata saya ada peluang di FK UNS juga FK Andalas, karena kalau saya daftar kesitu,nilai saya saat itu yang tertinggi di sekolah saya dari yg daftar kesana. Jadi pilihan pertama kedua saya kesana. Tapi kalau anda benerbener sangat ngebet ingin masuk universitas tertentu,sebaiknya jangan coba2 daftar ke yang lain, karena kalau anda diterima anda tidak bisa ikut snmptn tulis . Seperti ada real case,di suatu PTN ia coba dan masuk,tapi setelah masuk, ia sedikit menyesal dan berniat mencoba snmptn tulis tahun depan ..hmm cukup disayangkan ya uangnya :P

  • T: bagaimana kalau jurusan?

J: Wah ini juga jangan dianggap enteng ,anda seharusnya memilih jurusan yang benar2 anda mau dan minati ,jangan coba2 di snmptn undangan. Karena cukup banyak kasus yang pilih dan menyesal pada akhirnya. Jadi kalau anda sekiranya memang mampu untuk bersaing di snmptn tulis,ya fokus lah pada jurusan yg anda minati. Soalnya ada juga teman saya yang ,nilainya pun cukup baik,memilih jurusan yg ia tertinggi dr sekolah untuk jurusan itu  ,dan akhirnya diterima.Namun jurusan itu bukan yg ia inginkan banget. Jadi padahal ia punya kemampuan untuk snmptn tulis tapi keterima di jurusan lwt undangan yg ia gak favoritin banget,jadi ia rada menyesal. Tapi ada juga sih beberapa yang akhirnya bisa menyesuaikan hati dan pikirannya untuk jurusan yg ia ambil :)

  • T: Bagaimana dengan nilai rapor itu sendiri ?

J: Sebaiknya setahu saya dari guru di BK juga web ptn-online ,nilai anda bagusnya stabil,malah meningkat lebih baik (terutama nilai semester 3,4,5). Jangan turun drastis

  • T: Nilai apa sih yang paling dilihat ?

J: hmm…. apa ya? saya juga tidak tahu menahu perihal ini,karena mereka tidak transparan dalam sistem penerimaannya. Tapi menurut saya,semua nilai penting,tentu saya MIPA juga dilihat dong ;), apalagi rata rata semua

Apalagi ya?Saya kira itu sudah cukup banyak mengulas pengetahuan dan pengalaman saya di snmptn undangan ini.. Intinya jangan 100% menggantungkan nasib lewat snmptn undangan ini,tetap ada persiapan untuk ujian tulisnya . Keep up the hard work! Jangan pernah berputus asa akan sesuatu karena semua ada jalan keluar ,mau jalan A,jalan B,C . Asal pilih jalan yang baik dan halal tentunya :D .If there’s a will there’s a way , seperti janji Allah dalam Qs.Al-Insyirah: 5-6

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

Satu lagi! penting nih,banyak banyak berdoa, dan minta didoakan sama orang tua,kerabat,teman,siapapun lah! juga luruskan niatmu mengapa memilih suatu jurusan tertentu.. Jangan berniat tidak baik,karena itu tidak mengasilkan keberkahan.. Dan dekatkan diri pada Allah dan mintalah padaNya diberikan yang terbaik . Karena seringkali manusia membenci apa yang ia dapatkan/ terbaik untuk dirinya. seperti dalam Qs. Al-Baqarah:216 , yang artinya

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

_____

O,ya website resmi snmptn undangan buka 19 januari 2012 , explore aja ntar disana

Akhirnya selesai juga..artikel ini

-Semangat ya !- :)

-Update-

tahun ini nilain yang diambil untuk undangan hanya semester 3,4,5 dan yang hanya di UN kan saja ya! (2012)
Tahun 2013 >> semua mata pelajaran dr smstr 1

About these ads

88 Comments (+add yours?)

  1. arta
    Jan 14, 2012 @ 05:56:50

    Assalamu’alaikum ka, mau tanya nih kalau boleh
    kakak anak SMA mana dulunya? terus nilai rata-rata kakak kira-kira berapa kalau boleh tau…

    Reply

  2. chris
    Jan 14, 2012 @ 08:10:21

    kak, kalau ada alumni thun kmren yg menolak jurusan yg ia plih pd snmptn undangan..n sya ingin mngambil jurusan trsbt..apkah tdk bs lgi krn kna blacklist ??

    Reply

  3. Eka Putri Kesumawaty
    Jan 14, 2012 @ 10:37:12

    kak, saya mw masuk k fk uns. klo boleh saya tau, nilai rata2 kk sewaktu masuk k uns brp kak??

    Reply

  4. Eka
    Jan 14, 2012 @ 11:06:51

    Syukron katsir y Kak, smoga ilmu dan amalnya brmnfaat bgi kita smua, aamiin :)

    Reply

  5. Zakiyah
    Jan 14, 2012 @ 13:26:56

    subhanalloh ^_^

    Reply

  6. Muhammad Nasir
    Jan 14, 2012 @ 13:48:44

    iktan nimbrung ah,
    ada uang sumbngan? mnmalny brap?
    krain 8,5 jt udh tnggal diem, hha.

    ngebet bgt FK UNS tp syang saya dri SMK :(

    Reply

  7. Sha
    Jan 15, 2012 @ 08:01:51

    Aslmlkm.
    Makasih sharing nya ya kak :)))

    Reply

  8. Arvi T. Sulistiyani
    Jan 16, 2012 @ 06:20:08

    Ka’ beneran 8,5 juta?
    Aku masih blm prcya soalnya kebnyakan jalur Undngan lebih mahal, kaya pake PMDK gtu….
    Maksih ka sblmnya.

    Reply

  9. dp
    Jan 16, 2012 @ 10:39:17

    kaka aku mau tanya, d fk uns itu ada apa aja ?
    ada gak kedokteran umum ??

    Reply

  10. mita
    Jan 17, 2012 @ 10:08:39

    kak biaya pembangunannya brp?

    Reply

  11. ima
    Jan 20, 2012 @ 06:09:38

    boleh minta email kaka, atau fb atau phone nya kaka???? thx be4

    by: akhwat padang panjang

    Reply

  12. john
    Jan 23, 2012 @ 02:10:27

    Kak, boleh tau apakah dari sekolah kakak tahun sebelumnya(2011) ada yg masuk fk uns? Berapa orang kak? Soalnya aku denger faktor alumni ada juga ya kak.

    Reply

  13. john
    Jan 23, 2012 @ 02:19:41

    Kak, boleh tau apakah dari sekolah kakak tahun sebelumnya(2011) ada yg masuk fk uns? Berapa orang kak? Soalnya aku denger faktor alumni ada juga ya kak.:)

    Reply

  14. snowyautumn
    Jan 23, 2012 @ 04:14:33

    @arta,eka,nasir,arvi,mita: lihat ini http://snowyautumn.wordpress.com/2012/01/17/kupas-tuntas-saya-dan-uns/
    @chris: kasus spt itu pernah terjadi d skolah saya(pmdk),ga sampai blacklist sih ,tp dikurangin jatahnya
    @dp: di FK ada psikologi,kedokteran umum aja
    @ima: email : megumi_shinseina@yahoo.com
    @john: di tahun aku ada 2 orang dr sekolahku. Iya faktor alumni nentuin

    Reply

  15. Muhammad Nasir
    Jan 24, 2012 @ 12:17:54

    kalo dri smk ka gmana? apkkh ttep undangan atau tulis snmptnnya? pasti yg tulis ya?
    tpi saya SMK kelompok IPA (Teknik).

    di uns sndri ada ga yg lulusan smk.
    mkasih.

    Reply

  16. mayang
    Feb 05, 2012 @ 01:35:31

    kak, mau tanya kalo snmptn undangan itu ipa boleh ambil jurusan ips nggak?

    Reply

  17. snowyautumn
    Feb 06, 2012 @ 01:47:29

    boleh deh sepertinya..cb km tanya guru BP

    Reply

  18. Dyca Herliana K.D
    Feb 12, 2012 @ 13:16:22

    Assalamualaikum kak
    FK UNS itu letaknya di solo kan?
    saya ada rencana mw kesana, tp kl mnrt kk dsna itu gmna kondisi daerahnya?? soalnya kan kl kita gak klop ma tempat kuliahnya, bkal gak nyaman jg kuliah. trus universitasnya sendri gmna??
    mksh sbnlmnya kk :)

    Reply

  19. butet
    Apr 30, 2012 @ 13:26:44

    mbak saya mau tanya nic.. saya ikut SNMPTN Undangan tapi nilai saya turun di semester 5 yaitu sebesar 0,6.. kira kira gmana mbak, dan kalau boleh tau dulu nilai rata rata raport mbak berapa? Sekedar untuk perhitungan peluang mbak…
    Terimakasih… mohon jawabannya ea mbak.. Trimakasi juga sudah mau berbagi :)

    Reply

  20. snowyautumn
    May 03, 2012 @ 18:29:09

    kalau kt tmn sy yg undangan jg,turun sdkt mah gak ngaruh :P , saya 85..tp kan beda skrg pakai mipa doang..

    Reply

  21. ghonim_MjiD
    May 26, 2012 @ 02:02:24

    Dankee_ :)

    Reply

  22. ulfia azmi
    Sep 01, 2012 @ 03:55:19

    kakak keterima di FK UNS undangan rata-ratanya berapa ka?

    Reply

  23. prayudha
    Oct 07, 2012 @ 08:44:54

    boleh tau gak nilai raport kakak?supaya tau kira2 nilai kita bisa masuk dimana.

    Reply

    • snowyautumn
      Oct 11, 2012 @ 03:04:07

      mnurutku, rapotku yg jaman dulu itu sulit dibandingin sm jaman skrg. dlu aku msk sini pk rata” smua pelajaran, tp skrg kan MIPA doang..
      yg jelas kl FK itu memang butuh nilai yg tinggi disertai asala sekolah yg oke

      Reply

  24. ersil
    Oct 12, 2012 @ 08:12:44

    oya mau nanya …. saya mau masuk ugm nih 2013 aminnn…. setau saya yg mau masuk ugm di sekolah saya dikit kbanyakan ui … saya mau ngajuin snmptn undangan ..kira2 banyak peluang gk yaa??? rata2 saya sih .. semester 3,4 84tan ..kalo smester 5 blm tau

    Reply

    • snowyautumn
      Oct 18, 2012 @ 07:56:23

      amin..
      faktor sekolah mempengaruhi, misal sekolah kamu favorit oke, nah liat saingan se sekolahmu ,kalau nilai mereka lebih besar dr kamu, ya… lebih sedikit probabilitasnya., kalau ngga ya lebih besar

      Reply

  25. sarah
    Oct 21, 2012 @ 03:28:57

    ka mau nanya, denger denger itu lulusan fk uns nantinya gampang kerjanya apa engga ? hehehe makasih

    Reply

  26. ZUL
    Nov 16, 2012 @ 03:51:49

    kalau sekolahnya dari madrasah aliyah gmana mbak maksutnya bukan SMA tapi MAN

    Reply

  27. fakhri
    Dec 05, 2012 @ 05:15:21

    assalamualaikum wr wb, kak yg jadi perhitungan itu smt 3 nya ta? Kalo misal smt 3 ke smt 4 naik nilainya, tp wkt smt 3 nilainya biasa2 aja apa msh bsa ikt undangan? Makasi

    Reply

    • snowyautumn
      Dec 10, 2012 @ 14:41:14

      waalaikumsalam wr wb. semua jadi perhitungan. semua bisa ikut undangan asal sekolahnya bisa ikut dan anda masuk ke dalam kriteria yg boleh ikut undangan (misal 75% terbaik dikelas untuk sekolah akreditasi A)

      Reply

  28. zusyaifah nur aini
    Dec 12, 2012 @ 10:16:29

    ka mau tanya kalau SMK itu bisa masuk tidak ?

    Reply

  29. zusyaifah nur aini
    Dec 12, 2012 @ 10:26:32

    ka mau tanya kalau SMK itu bisa masuk FK tidak ?
    makasih :)

    Reply

  30. zul
    Dec 14, 2012 @ 07:25:06

    kak mau tanya ke fk bisa pake tahfidz ya??trus minimal berapa juz??dan kalau pake nilai rapot minimal nialanya brapa??

    Reply

  31. vriel
    Dec 28, 2012 @ 22:00:58

    ka klo msuk uns susah gk sih?
    trus bisa ambil jurusan 2 gk?klo yg stu gk ditrima ad lg
    ad jur.fashion designer gk ka?

    Reply

  32. snowyautumn
    Dec 29, 2012 @ 01:08:58

    @Zul: ya. 10 juz. utk rapor tdk diketahui nilai minimal brp
    @vriel: hmm susah nggaknya tergantung juga dgn orangnya. ya bisa, pas snmptn tulis. uns.ac.id utk liat jurusan apa ajanya ya..

    Reply

  33. vriel
    Dec 29, 2012 @ 07:59:56

    ka maf ak bleh mnta numb kk gk??ak pgin tnya” bnyak ka
    klo pke ini kan lma ka
    ad fb at bb gk k?

    Reply

  34. vriel
    Dec 29, 2012 @ 08:05:45

    ni email ak k
    vriel_lyavriel@yahoo.com
    mkasih ka *:)

    Reply

  35. vriel
    Dec 29, 2012 @ 08:22:24

    ka ak udh krim email k’ megumi_shinseina@yahoo.com
    kk chek yahh

    Reply

  36. yeni
    Jan 07, 2013 @ 15:17:07

    kak, kalau nilainya turun gmn? kan kalau sekarang pke nilai rata2 kognitif, rata2 kognitif saya smt 1-5 85,81; 88,5; 90,3; 89,69; 92,46. menurut kakak gmn? terimakasih,,,,

    Reply

  37. snowyautumn
    Jan 08, 2013 @ 02:56:28

    @vriel: ok udah..
    @yeni: lumayan tuh..pertimbangkan asal sma dan saingan se sma juga ya.. *baca berbagi pengalaman

    Reply

  38. situmorang
    Jan 09, 2013 @ 17:20:13

    kak saya pingi Ui (mohon do:anya) tapi nilai semester saya 82,50- 85,02-85.06 . dan yg milih ke UI 3 orang dan 3-3nya dgn jurusan berbeda, itu gimana?,

    Reply

  39. ainoouuun
    Jan 10, 2013 @ 14:07:02

    kak,kan smptn 2013 lebih banyak ke undangan,emang bisa misalnya anak ipa ngambil undangan buat akuntansi????

    Reply

  40. ainoouuun
    Jan 10, 2013 @ 14:18:50

    oia kak satu lagi,bener ga sih kalo ada salah satu PTN yang kita taro dipilihan kedua,PTN itu udah pasti ngeblacklist kita??

    Reply

  41. arifa
    Jan 16, 2013 @ 10:31:37

    saya bingun nih, sy pengen masuk SF itb atau farmasi unpad, tp nilai sy gk trlalu bsr sktr 85. guru bk sy nyaranin pilih ptn yg peminatnya dkt aja, tp sy takut nyesel nantinya.
    minta saranya, lbh baik coba di SF atau pilih yg sdkit peminatnya?

    Reply

  42. snowyautumn
    Jan 28, 2013 @ 13:38:51

    @situ: bagus lah saingan dikit, tp cb perhatikan kualitas yg lain, misal skolah favorit , rapor bagus, ada prestasi lain mgkn
    @ain: sepertinya bisa, ipa ke ips
    nggak ah,,tp ya biasanya jarang PTN yg menerima di pilihan kdua
    @arifa: pilihlah yg bner” km pengen
    toh masih ada tulis juga kan :)

    Reply

  43. Lussi
    Jan 30, 2013 @ 13:06:29

    assalamualaikum kak,,
    hmm wkt kak daftr snmptn undangan selain fk uns kak pilih fakultas apa?
    terima kasih :)

    Reply

  44. Rafif
    Feb 06, 2013 @ 11:07:29

    Assalamualaikum kak
    saya dari Banjarmasin saya ingin masuk FK UNS aamiinnn, tetapi disana gk ada alumni dari sekolah ku apa masih ada kemungkinan apalagi gk punya sertifikat lomba tetapi akriditasi sekolah bagus saingannya juga kurang. apa UNS menerima murid yang di luar Jawa?

    Reply

  45. bagus
    Feb 09, 2013 @ 16:41:55

    kak mau nanya nih , saya kan punya 14 sertifikat nasional internasional di bidang teknologi . trus rata rataku lumayan lah. saya mau daftar ke PTN ITS elektro . kalo kakak jadi saya kira” brani nggak ngambil PTN itu ? tolong dibales ya kak :) makasi

    Reply

  46. bagus
    Feb 09, 2013 @ 16:41:55

    kak mau nanya nih , saya kan punya 14 sertifikat nasional internasional di bidang teknologi . trus rata rataku lumayan lah. saya mau daftar ke PTN ITS elektro . kalo kakak jadi saya kira” brani nggak ngambil PTN itu ? tolong dibales ya kak :) makasi

    Reply

  47. snowyautumn
    Feb 10, 2013 @ 15:03:00

    @Lusi: saya hanya pilih FK,dik . krna tujuan sy mw jadi dokter
    @rafif: UNS menerima yg dr luar jawa kok, misalkan papua,dll . coba saja kl bner2 mau masuk sini
    @bagus: kalo saya mungkin ITB pun saya berani :)

    Reply

  48. fella
    Feb 10, 2013 @ 16:20:08

    kak tahun ini aku pasti daftar snmptn undangan fku uns. saingan saya banyak kak. tinggi2 semua. tapi pada naruh fku uns d pilihan ke2. lha aku d pil pertama. menurut kakak peluang masukku ada gak? makasih. oh ya teknik industri uns peluangnya gimana ya? insyaAllah pilihan k2 saya setelah fku itu. mohon pencerahannya kak. di bales ya makasih kak.

    Reply

  49. bagus
    Feb 13, 2013 @ 05:34:03

    satu lagi kak,kalo mau nglampirin sertifikat itu dibatasin 3 kak? bner nggak? ato bisa lebih smuanya gitu? makasi :)

    Reply

  50. Destia Mardhotillah
    Feb 23, 2013 @ 06:51:16

    assalamualaikum.
    salam knal k2k,, :-)
    bagus bgt deh tulisannya, tp sayang aku udah telat liat :(

    kak, aku udah daftar SNMPTN 2013, FK UNS, mudah2n diterima, amiin.
    tapi tadi aku baca yg di lihat hanya nilai MIPA ya kk?
    terus klu belum ada alumni sama sekali diUNS apa peluang diterima sgt kecil, kk?
    klu melampirkan sertifikat harus yang ada juaranya ya kk?

    jujur aku sgt berharap diterima di FK UNS,, mhon do’anya ya kak.
    maaf pertanyaannya kbnyakan :D

    *Kk, minta emailnya boleh ya ..
    makasii k2k :-)

    Reply

  51. snowyautumn
    Feb 24, 2013 @ 13:38:38

    @fella: rata2 univ bakal menerima yg naruh pilihan pertama,, kl yg itu tdk seketat FK sih, tp yaa gatau kl km taruh di pilihan kedua ,,
    @bagus: kalo aku dulu iya dibatasin,krg tw kl skrg
    @destia: semua mata pelajaran untuk thn 2013 ini,
    hmm krg tau kl alumni, tp ya memang bgusnya ada yg prnh masuk sini,. Nggak juga sih, sertifikat ya sepunya nya kita. amin.. megumi_shinseina@yahoo.com

    Reply

  52. khalis
    Jul 25, 2013 @ 10:07:28

    Kak kira” UNS FK nerima lulusan pondok Gontor gk? Dan kalo pun aku hrs ikut ujian persamaan paket c bisa gk yah? Soalnya Gontor gk ikut UN, tp ak pngin bgt msk FK. Trims

    Reply

    • snowyautumn
      Jul 29, 2013 @ 04:29:12

      denger” sekarang snmptn undangan aja udah bisa nerima semua SMA negeri n swasta ,pesantren juga. Harusnya bisa,, iya cb tny saja ke guru km utk paket C itu

      Reply

  53. gregorius gena maran
    Sep 14, 2013 @ 11:25:28

    Ka, mau nanya.
    Skrang aku kelas 3 sma, trus kpingin bangt ditrma di pendidikan dokter uns,
    Rata-rata nilai raport aku
    Semester 1: 79.3
    Semester 2: 82.9
    Semester 3: 85.84
    Semester 4: 86,,
    Peluabg aku diterma brpa persen kra2?
    Trus aku jga punya beberapa sertifikat

    Trus kan ada teman aku jga yg mau masuk
    Nilai raportnya tu;
    Semester 1: 80.1
    Semester 2: 80.3
    Semester 3: 85.51
    Semester 4: 88.9

    Dri nlai kmi berdua yg punya peluang utk d trma siapa??
    Tlng djwb
    Mksi

    Reply

  54. AP
    Sep 17, 2013 @ 13:57:01

    assalamualaikum.kak aku pengen masuk fk uns….tapi kalo jejak alumni kayanya sedikit deh kebanyakan fk ugm,unair,dllnya… dari sepengetahuan kakak SMA 1 Mataram ada gak yg masuk fk uns? sma 1 mataram sma no 1 di NTB tp ya gitu…jejak alumninya gktau :( mohon infonya kak….syukron

    Reply

  55. vv
    Sep 23, 2013 @ 15:07:48

    kak ada alumni SMA 1 Tegal gak?

    Reply

  56. snowyautumn
    Oct 29, 2013 @ 22:58:18

    @gregorius: saya pernah tanya salah satu maru, katanya nilai rata2nya 90,, sbnrnya sy gabisa ngasih kepastian peluang..maaf ya
    @AP: bisa aja kl emg nilainya bagus dan berkualitas orgnya.. thn ini jg banyak dr mana2 ky lampung, bangka, sulawesi, dll
    @vv: favorit? kl iya pasti ada

    Reply

  57. Erita Moranita M
    Nov 02, 2013 @ 03:39:57

    kak,, aku minat di psikologi uns kak,,,
    nilai apa aja yang ngaruh kak???
    nah,,
    satu lagi kak,,
    ka untuk snmptn lebih baik nyobe ke universitas yang favorit atau ke universitas yang peluangnya besar??
    makasih kak sebelumnya

    Reply

  58. Hafiza
    Dec 14, 2013 @ 03:25:34

    Kak, aku galau nih.
    Rata”nilai rapot saya dr semester 1-3 naik..terus 3-4nya stabil…nah nilai semester 5nya blm ketahuan.
    Qra”bisa gak yaa kak?
    Tp, ada tmnku satu kelasku..katanya dia dpt jalur undangan, nah pdhl nilai smstr 5 (rapot blm dibagikan)
    emg kalo rapot blm dibagiin,kita udh bisa tau dpt jalur undangan atau blm yaa? Tp sayangnya gak ada info untuk aku ttg undangan :'( nangis aku nih kak

    Reply

  59. Emma
    Dec 16, 2013 @ 03:23:22

    I simply wished to send a fast word to provide thanks you for many of the solutions you’re supplying at this site. My significant website study has towards the end been identified with really great facts to discuss with my relatives. %KW%
    Emma https://twitter.com/puntoGT

    Reply

  60. Auliya
    Jan 13, 2014 @ 23:50:18

    Assalamu alaikum,
    afwan ka mengganggu,, saya mau tny, skolah saya sbnarny bs d ktakan slah stu skolah favorit, alumni yg ktrima fk uns lwat undangn hampir 20an.. Sama kyk taun lalu, taun ini pminatny dr skolahku bnyk trutama yg puny nilai2 tinggi lbh milih k fk UNS ktmbang d UGM UI,, Nah pdhal saya itu cma pny nilai rata2 84,, apkah ksmpatan saya msih ada buat lolos Undangan & d fk UNS? Trmksih

    Reply

  61. Poppy Kurnia Lestari
    Feb 14, 2014 @ 07:21:22

    Assalamu’alaikum kak. Pertanyaan yang sama di postingan sebelumnya.
    Saya dari Pontianak (kalbar) yang akan lulus tahun ini (2014) ingin sekali masuk FK UNS dari pertama saya naik ke kelas 12. kira-kira peluang masuk FK UNS jalur SNMPTN besar gak kak? Alhamdulillah rata-rata nilai rapot saya diatas 85, dan saya juara umum di sekolah. Saya juga berprestasi di bidang akademik dan non akademik disekolah maupun luar sekolah. Apakah peringkat kelas juga mempengaruhi penyeleksian ? dan saya dengar bahwa siswa yang diterima adalah yang diutamakan daerah solo dan sekitarnya.
    Mohon penjelasannya kak.

    email saya : poppykurnialestari@gmail.com

    Reply

  62. harlina
    Feb 16, 2014 @ 14:42:11

    Assalamualaikum..
    Mbak, kenalin nama aku tiwi dari sman 1 sijunjung, padang. Aku mau nanya ni mbak, ada ga mahasiswa di FK UNS yang dari sumbar? aku kpngen bnget masuk kdokteran UNS, orang tua juga ngedukung. Tapi kalau jalur undangan agak susah kyaknya, soalnya alumni aku belum ada yang masuk disana :( doain ya mbak o:)

    Reply

  63. Noviatul A
    Feb 27, 2014 @ 02:06:34

    Assalamualaikum, ka, saya kan pengen masuk UGM Farmasi, tapi tahun kemarin ada kakak kelas saya yang masuk D3 Kebidanan UGM tapi gak diambil. saya takut ada blacklist itu ka, gimana ? mohon jawabannya, terimakasih :)

    Reply

  64. A u l i a ̮ (@Lhieaaliea)
    Feb 27, 2014 @ 08:57:02

    kak mau nanya, dulu nilai kakak waktu daftar berapa? masalahnya nilai rata2 ku ada yang turun dari 84 ke 81. trus gimana kak? minta sarannya :)

    Reply

  65. A u l i a ̮ (@Lhieaaliea)
    Feb 27, 2014 @ 09:00:37

    tambahan kak, tapi aku punya piagam walopun cuman di tingkat provinsi.
    rata2 nilai
    semeseter 1 : 83
    semester 2 : 84
    semester 3 :81
    semester 4 : 88
    semester 5 : 87

    Reply

  66. Azizul 最初 (@Youthanazizul)
    Feb 28, 2014 @ 22:42:58

    Makasihh banget kakak,, ^_^

    Reply

  67. mutia
    Mar 02, 2014 @ 11:40:47

    Ka mau nanya saya minat di psikologi UNS. Di website resmi UNS tercantum kalau psikologi masuk ke rumpun Fakultas Kedokteran. Apakah itu berarti saya harus memilih fakultas kedokteran jika ingin masuk ke prodi psikologi UNS (jalur smptn undangan 2014). Mohon penjelasannya. Terimakasih

    Reply

  68. Dealla Nurmala
    Mar 10, 2014 @ 14:04:58

    kak, boleh nanya gak ?
    saya pengen msk FK UNS, nah misal’a nila biologi saya turun (89,93,93,90,90) nah kira2 menurut kakak, kesempatan saya untuk ke FK UNS masih bisa gk ya ? mohon bantuannya terima kasih

    Reply

  69. Dealla Nurmala
    Mar 10, 2014 @ 14:19:59

    Kak, maaf blm perkenalan. Hehehe, nama saya Dealla Nurmala dari SMAN 1 Cilegon, nah sklh saya ini cukup favorit lah dan akreditasnya juga A. Dari sklh saya sudah ada yg msk UNS tapi bkn FK nya. Saya punya sertifikat tapi saya rasa itu kurang mendukung kak. Menurut kakak, berdasarkan nilai saya tadi, gimana bagus’a ya. Terima kasih.

    Reply

  70. Maya Vania
    Apr 24, 2014 @ 08:45:08

    Kq, sekarang yang diambil rata2 ipa ya?yg kongnitif apa praktek?

    Reply

  71. femyf
    Apr 24, 2014 @ 10:00:44

    Terimakasih sangat bermanfaat sekaliiiiiiii ()

    Reply

  72. snowyautumn
    Jun 16, 2014 @ 08:30:29

    poppy: berpeluang
    halina: ada kok..
    noviatul: coba tanyakan ke BK ya
    aulia: harus mendekati 90 atau lebih bagus, lebih dr 85 mnurutku
    mutia: iya psikologi masuknya ke fak kedokteran
    dealla: fluktuasinya mnurut sy ckup bagus. .tp sy gbs janji kl misal bs ktrima nggaknya krn undangan skrg makin ketat. rata2 yg dtrima 90 atau lebih
    maya: iya

    Reply

  73. isnaini
    Aug 20, 2014 @ 11:20:33

    kak saya mau mnta saran. saya ingin masuk ITB jurusan fisika tapi di sekolah saya blum ada alumni di ITB. apa saya harus berani tuk memilih ITB-FIsika d SNMPTN atau gmna kak sebaiknya?!
    makasih^^

    Reply

  74. snowyautumn
    Sep 03, 2014 @ 23:15:27

    isnaini: beraniin aja. tp jgn lupa belajar buat sbmptn

    Reply

  75. Fina nurul azizah
    Sep 12, 2014 @ 08:33:53

    jujur kak.nggak tau knp aku nangis saat melihat posting2 kakak. aku jg pengeen bgt masuk fk uns taun 2015. sampai tiap kali aku brdoa aku menyebut fk uns didalamnta.kadang aku optimis tp kadang pesimis soalnya rank ku nggak di atas. mohon pencerahannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: