Siwak dan Celak Itsmid

Gara-gara habis baca artikel tentang siwak dan celak itsmid , beserta hadits dan keutamaan keutamaannya, jadilah daku kebelet pengen beli ..he he he

SIWAK

Siwak atau miswak, bisa juga dikatakan sebagai organic tooth brush, berbentuk batangan, diambil dari akar dan ranting segar tanaman arak (Salvadora persica) yang kebanyakan tumbuh di daerah Timur Tengah, Asia dan Afrika dan berdiameter mulai dari 0,1 cm sampai 5 cm. Pohon Arak adalah pohon yang kecil, seperti belukar dengan batang yang bercabang-cabang, diameternya lebih dari 1 kaki, jika kulitnya dikelupas warnanya agak keputihan dan memiliki banyak juntaian serat. Akarnya berwarna coklat dan bagian dalamnya berwarna putih, aromanya seperti seledri . rasanya …hmmm unik ! :D

Menurut hadits siwak adalah membersihkan mulut, sebagimana sabda Nabi : “Siwak itu membersihkan mulut dan pekerjaan yang diridhai Allah” Riwayat Ahmad dan Nasai.

Adapun saat-saat yang dianjurkan untuk bersiwak :

Siwak sebelum dan saat bangun tidur. Nabi membiasakan melakukan siwak sebelum dan sesudah tidur sebagaimana sabdanya : “Dari khudaifah ra, telah berkata: adalah Rasulullah SAW bila bangun tidur senantiasa membersihkan mulutnya dengan siwak” Riwayat Jamaah kecuali Turmudhi. Dan “Dari khudaifah ra, telah berkata: Kami diperintahkan bersiwak apabila bangun tidur” Riwayat Nasa’i.

Siwak dikala wudhuk. Nabi memerintahkan agar membersihkan gigi di waktu sebelum wudhuk dengan sabdanya “Dari Abi Hurairah ra, dari Nabi SAW berkata: Kalau tidak memberatkan atas umatku, aku akan memerintahkan mereka bersiwak pada setiap kali wudhuk”. Riwayat Ahmad.

Siwak waktu berpuasa. Bolehkah bersiwak bagi yang berpuasa? Ada sebagian ulama berpendapat bahwa bersiwak itu makruh bagi yang sedang berpuasa setelah tergelincir matahari dengan alasan hadits Nabi : “Dari Abi Hurairah ra. Dari Nabi SAW bersabda: Bahwasanya bau mulut orang berpuasa itu lebih baik pada sisi Allah daripada harumnya minyak kasturi (wangi)”. Riwayat Muttafaq Alaih. Sebagian ulama berpendapat bahwa disunatkan bersiwak bagi orang yang berpuasa, pada permulaan siang dan akhirnya, berdasarkan hadits Nabi “Dari Aisyah ra. Berkata: bersabda Rasulullah SAW, dari sebaik-baik budi-pekerti orang berpuasa adalah bersiwak”. Riwayat Ibnu Majah.

Ketika masuk rumah

Syuraih bin Hani` pernah berta kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

بِأَيِّ شَيْءٍ كَانَ يَبْدَأُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ بَيْتَهُ؟ قَالَتْ: بِالسِّوَاكِ

“Apa yg mulai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan apabila beliau masuk rumah?” Aisyah menjawab: ‘Beliau mulai dgn bersiwak’.”

Cara menggunakan Siwak / Miswak

Adapun cara untuk menggunakan siwak/miswak itu sendiri adalah sebagai berikut;

1. Batang atau cabang siwak dipotong berukuran pensil dengan panjang 15-20 cm. Stick kayu siwak ini dapat dipersiapkan dari akar, tangkai, ranting, atau batang tanamannya. Stick dengan ukuran diameter 1 cm dapat digigit dengan mudah dan memberikan tekanan yang tidak merusak gusi apabila digunakan.

2. Kulit dari stick siwak ini dihilangkan atau dibuang hanya pada bagian ujung stick yang akan dipakai saja.

3. Siwak yang kering dapat merusak gusi, sebaiknya direndam dalam air segar selama 1 hari sebelum digunakan. Selain itu, air tersebut juga dapat digunakan untuk kumur-kumur.

4. Bagian ujung stick siwak yang sudah dihilangkan kulit luarnya digigit-gigit atau dikunyah-kunyah sampai berjumbai seperti berus.

5. Bagian siwak yang sudah seperti berus digosokkan pada gigi, dan bisa juga digunakan untuk membersihkan lidah.

Cara Bersiwak

Adapun cara bersiwak tidak ada ikhtilaf antara ulama, bahwa didalam kitab Syama’il Imam Tirmidzi, dalam hadist Rasul saw, bahwa Rasul saw. bersiwak dengan kayu arak, dan memulainya dari pertengahan, lalu ke arah kanan lalu ke kiri, demikian diulangi sebanyak 3 X.

Imam Ghazali rahimahullah melengkapi caranya, yaitu:

· Meletakkan siwak di jajaran gigi tengah bagian atas,

· lalu mendorongnya ke arah kanan sampai ke ujungnya,

· lalu turunkan ke jajaran bawah kanan ujung,

· lalu mendorongnya kembali ke tengah jajaran bawah,

· lalu kembali naik ke tengah jajaran atas,

· lalu mendorongnya ke arah kiri sampai ujungnya,

· lalu turunkan ke jajaran bawah kiri ujung,

· dan mendorongnya lagi ke tengah di jajaran bawah.

Ini gambarnya siwak

Nah sekarang kita beralih ke ITSMID / Celak Itsmid

Aku juga beli sekalian lho di toko Arab arab gitu yang di empang :P

ITSMID

Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :“Sebaik-baik celak kalian adalah itsmid, yang digunakan sebelum tidur, sesungguhnya ia bisa memperjelas penglihatan dan menum-buhkan bulu mata.”>Shohîh Ibni Hibbân, terdapat pula dalam Shohîhu `l-Jâmi‘ (2761)

Unsurnya dingin dan kering, bisa menjadi sarana yang bermanfaat menguatkan penglihatan mata, menguatkan urat-uratnya, dan memelihara kesehatannya. Ia menghilangkan daging yang berlebih dalam luka-luka dan bisul-bisul di mata, membersihkan kotorannya, menghilangkan pusing apabila digunakan bersama madu yang dicampur sedikit air. Ia juga bisa menyembuhkan luka bakar, jika ia ditumbuk dan dicampur dengan sebagian lemak segar serta dioleskan pada luka bakar. Ia merupakan celak mata yang paling baik, apalagi untuk orang-orang yang sudah tua, yang penglihatan mereka sudah lemah; apabila dicampur sedikit dengan misik>Ath-Thibbu `n-Nabawî, Ibnul Qoyyim hal. 283.

untuk mencari itsmid ini aku pergi ke empat toko,dan toko trakhir ada ..hehe tapi kadang pada gak tau penjualnya itsmid itu apa.. mereka taunya celak,,nah bilang aja anda cari celak yang bisa menyehatkan mata,(bukan untuk berhias) . Cara  menggunakannya di usap saja di bawah mata . Nanti tuh pagi2 bakal ada kotoran di sudut mata.

Aku beli di toko arab, empang (sakali) . harganya siwak 7 ribu , itsmid 15 ribu ,,murah lah ! :D Gak sebanding dengan keutamaannya :)

Ya kalau siwak itu dipake sesering mungkin, kalau itsmid nya dipakai sebelum tidur… itu saja :D

About these ads

30 Comments (+add yours?)

  1. awan.biru
    Feb 12, 2011 @ 17:20:22

    f..

    bahasanmu berat ya..

    kamu keren deh..

    aku speechless
    :D

    Reply

  2. Aisyah
    Feb 15, 2011 @ 08:59:38

    wah, pengen beli itsmid >.< , di Bandung ada g ya?

    Reply

  3. funfa
    Apr 19, 2011 @ 19:57:59

    Наборы для игры в покер, в наличии как профессиональные фишки, так и фишки для домашней игры. Наборы для покера
    как оптом, так и в розницу. Электронные сигареты оптом и в розницу! Самая низая цена!
    Наборы для покера в кейсах (чемоданчиках) дешевле чем везде, например набор в боксе на 100 фишек-180 руб,
    Электронные сигареты, не одноразовые, очень хорошего качества-355 руб за 1 пачку.
    Более подробно на pokervam.ru

    Предложение ограничено!!

    Reply

  4. Dede
    Aug 05, 2011 @ 07:28:28

    makasi infonya!
    bagus…
    barokallohufik

    Reply

  5. azka
    Oct 20, 2011 @ 01:34:06

    apa bedanya celak yg menyehatkan mata ama celak yg untuk berhias????:/

    Reply

    • snowyautumn
      Oct 24, 2011 @ 06:21:42

      waktu itu saya kan mau beli itsmid, nah biasanya pedagang tidak tahu ..
      Bilang saja mau beli celak yg bwt menyehatkan mata,bukan untuk berhias
      Biasanya itsmid warna bubuknya abu,kalau celak hias hitam

      Reply

  6. didit octav
    Oct 24, 2011 @ 06:47:24

    Assalamualaikum…. aku izin copy paste artikel-artikel nya untuk jadi note di fb aku ya , buat di share…, sumber nya tetap aku cantunim… :)

    Reply

  7. desi
    Dec 02, 2011 @ 03:26:11

    mksh sharenya,bwt toko dijogja ada tdk?

    Reply

  8. positif767
    Dec 24, 2011 @ 02:14:22

    terima kasih atas informasinya yaa

    Reply

  9. Jihan
    Jan 14, 2012 @ 07:30:46

    kalo dipake selain waktu tidur apa bisa ??
    dan apa semua celaknya berbentuk bubuk ??
    apakah cara pakainya harus dengan minyak misik/kasturi ?

    Reply

  10. ummi
    Feb 09, 2012 @ 05:13:55

    aku nyari celak istmid di jogja kok susah banget ya?

    Reply

  11. vera
    Feb 10, 2012 @ 16:34:43

    dimana si cari celak itsmid itu?

    Reply

  12. jivan
    Jun 07, 2012 @ 18:46:45

    thx 4 your opinion,,, Like that…

    Reply

  13. snowyautumn
    Jun 08, 2012 @ 08:34:42

    @desi ,vera, ummi: menurutku jogja pasti ada lah..kan kota besar..cari di toko yg oleh2 umrah gitu.. emang kalau itsmid aga susah nyarinya, aku nyari di toko2 arab gt.. 4 toko datangi baru ketemu

    Thx

    Reply

  14. yuki
    Jul 20, 2012 @ 09:46:45

    d indonesia juga ada???tak harus ke arab dulu kan???

    Reply

  15. Nurul
    Oct 29, 2012 @ 04:20:49

    Sy nak beli jika. Malian tahu harga Dan di mana boleh didapati boleh Bagi tahu tak pls pls.

    Reply

  16. Zain Rochman - Stmik Pringsewu
    Nov 10, 2012 @ 04:43:56

    Thanks…
    Infonya….

    Reply

  17. Rany Mirza
    Feb 08, 2013 @ 07:30:39

    klw dSolo adanya dmna za?????

    Reply

  18. snowyautumn
    Feb 10, 2013 @ 15:05:09

    @zain: sama”
    @rany: blm prnah nyari, tp insyaallah ada d toko oleh” dr haji/umrah

    Reply

  19. fanda
    Mar 23, 2013 @ 05:40:01

    di purbalingga ato purwokerto ada engga ya?
    kalo toko oleh2 haji yang ky gmana th, he
    mksh

    Reply

  20. Kirigaya Hikari
    Sep 14, 2013 @ 02:07:21

    Assalamu’alaikum.
    mau nanya klo siwak pemakaiannya berapa kali? sekali pake langsung buang ato bisa dicuci ya?
    Hehe,, aq belum pernah pake dan mau coba. Makasih infonya ^^

    Reply

  21. az
    Oct 27, 2013 @ 15:25:22

    kalau mau tidur celaknya harus itsmid ya ?
    kalau celak pensil tetap dapat pahala kagak,?
    soalnya sulit cari celak itsmid

    Reply

  22. snowyautumn
    Oct 29, 2013 @ 22:52:06

    @kirigaya: waalaikumsalam, kayanya bs berkali2 deh.. kl kt guru lain, sebenarnya dulu karena blm ada sikat gigi, makanya pakai siwak. cuma kan kl skrg kan udh ada sikat gigi, jd memang enakan pakai sikat kan.. cuma kalau odolnya ada bahan asli dr miswak bisa jadi lbh bagus :)
    @az: yaa pokonya bkn celak yg utk berhias, tp yg warnanya abu2 meling itu lho.. kl ygpensil setahu saya itu cm kosmetik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: