Motivasi menjadi seorang dokter

Banyak orang yang ingin menjadi dokter ….
Kenapa ya ?

Tentunya yang tahu hanyalah diri sendiri kan ?

Tapi terkadang tidak semua manusia faham akan keinginannya dan benar benar mengerti atas apa yang dipilihnya.

Aku terkadang bertanya pada teman teman ku yang ingin mengambil jurusan kedokteran saat kuliah nanti
Ada yang jawabannya standar , ada yang memukau , bahkan ada yang menggelikan :P

“Aku ingin menolong orang lain”
ada juga
“Orang tuaku dokter dan ingin aku menjadi dokter,ingin membahagiakan ortu”
ada pula
“Kalau menjadi dokter lebih cerah masa depannya”
atau
“Jadi dokter bisa mencari penghasilan *baca uang* yang banyak” (intinya ingin kaya)
atau yang lucu
“Keren gak tuh kalo nama gw ada depannya dr…………………… , jadi keren kan??” :))

Yah itu adalah beberapa contoh jawaban temen2 yang kutanya mengapa ingin menjadi dokter.

 

Tapi aku pun punya pandangan bermacam macam

untuk alasan pertama ingin menolong orang lain>> ini sih gak harus jadi dokter juga bisa :P

Kalau alasan kedua>> kalau motivasi gara2 ortu doang .hmmm kayaknya perlu mempertimbangkan minat kita,jangan sampai gara-gara kepaksa jadinya malah jadi dokter yang gak becus

Alasan ketiga>> HEm? kata siapa cerah masa depannya :P . Belum tentu lagi, nasib itu manusia yang menentukan dan Allah yang memutuskannya ,ngerti? jadi kalau mau sukse yaa,,mau jadi apa aja yang penting kerja keras,tul?

Alasan keempat ingin jadi kaya>> Bukan jaman lagi ingin jadi dokter biar kaya DOANG. Tapi hakikatnya dokter itu berguna untuk menolong orang sakit dan seharusnya sih tanpa pandang bulu . Kalau mau kaya ya berbisnis aja, tapi kalau anda dokter dan digaji tinggi ya juga bukan salah anda :P

Alasan kelima>> haha..kocak kocak :D . Jadi dokter karena ingin punya gelar dokter,, tapi ya gapapa sih ,tiap orang kan berhak punya cita-cita  :)

_____

kalau aku sendiri gimana?? Sebenarnya aku pun juga punya banyaaaak alasan kenapa ingin menjadi dokter :)

Actually, aku tertarik dengan jurusan yang berkaitan dengan bisnis and manajemen, Karena aku ingin kaya lewat berbisnis :)

Tapi satu hal aku ingin sekali mempunyai kedokteran dimana ketika aku mengambil bisnis stuff aku gak punya hak untuk menjadi dokter..haha

Aku ingin masuk kedokteran karena aku sukaaa sekali sama hal2 berbau biologi dan BUTUH ilmu itu

Di keluarga ku pun belum ada yang jadi dokter,aku ingin jadi yang pertama InshaAllah :D

Dengan menjadi dokter ,aku bisa memakai ilmu ku untuk kepentingan orang banyak yang membutuhkan

Kuharap aku bisa jadi salah satu relawan yang dikirim ,seperti bencana atau perang

Aku ingin menjadi kaya lewat bisnis,tapi gak mengandalkan jadi dokter dan pasang tarif mahal memberatkan apalagi sampai mengecewakan keluarga kurang mampu :(

Emang kenapa kalau kaya raya? ya enak saja,bisa berbuat kebaikan lebih banyak,kan? hehe,,tapi berapapun akhirnya hasilnya,,itu tidak masalah karena Allah tahu yang terbaik :) . Yang penting QANAAH

Betul tidak ?? :D

Aku berharap motivasi2ku tidak berubah dan malah bila sudah jadi dokter motivasi kebaikan akan terus bertambah :) amin!

Niyyat Ikhlas ,perbarui niat perbarui niat

__

Ingatlah

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

 

Apapun pekerjaan kita nanti,yang penting kita bisa menjadi manusia bermanfaat bagi  orang banyak :)

amin InshaAllah

 

36 Comments (+add yours?)

  1. zahra
    Jan 14, 2011 @ 06:43:39

    semangat, Dik!

    Reply

  2. sasaQrenz
    Jan 14, 2011 @ 12:22:11

    hmmm saya sih pgn nyenegin ortu emang.. (baru kepikiran aja sih) tapi ga ngerasa kepaksa juga… soale kata2 ibuku sedikit menggugah -___-a

    Reply

  3. Prib
    Jan 23, 2011 @ 03:40:23

    asal bukan karena uang mah keknya ga masalah jadi dokter.
    quote iseng dari sebuah film ttg dokter2an :
    sebelum menolong orang lain, tolong dulu diri sendiri. Mungkin sangat ambisius bila kita bilang, “saya akan menolong dunia”, tetapi pada kenyataannya menolong diri sendiri juga tidak bisa…

    Reply

    • snowyautumn
      Jan 23, 2011 @ 10:38:09

      haha..iya a..
      kalo tujuan aku uang mending aku masuk bisnis and manajemen ato ekonomi deh :P

      ya,karena kalau bukan ngambil jur kedokteran,mana bisa ngobatin orang sembarangan
      I love this job ,i have aims on this, and i have dreamed much being a doctor :D

      Reply

  4. nafsa
    Jan 29, 2011 @ 10:09:33

    menjadi dokter itu hanyalah salah satu peran, tak perlu disikapi dengan anggapan yang sedikit berlebihan.
    dokter itu juga manusia, bagaimanapun.
    setiap profesi telah memiliki peran masing-masing dalam kehidupan ini, saling terkait dan tidak ada yang jauh lebih baik dibandingkan yang lain.
    semuanya jika diniatkan karena Alloh pasti akan bernilai pahala.

    semangat ya!
    kalo pun jadi ingin jadi dokter, itu bagus sekali.
    tetap diluruskan niatnya yaa.
    ^^

    Reply

    • snowyautumn
      Feb 01, 2011 @ 08:11:35

      hehe,iya memang dokter tuh manusia biase,bukan malaikat :P

      Betul sekali teh,tiap profesi yang dilandaskan niat yang ikhlas dan pekerjaan yang thayyib InshaAllah akan barokah..

      jazakillah khair…

      Reply

  5. sakinah
    Jul 10, 2011 @ 16:24:15

    wah….
    aduh lagi bingung nih..masalahnya keluarga pada mau saya ke fk, eh tp saya mlah sukanya d fkh…

    akhirnya snmptn baru2 g’ lulus keduanya…

    akhirnya d suruh untuk nganggur setahun buat siapin diri tes fk tahun depan..
    tapii tujuannya belum dapat…

    ini lagi serching biar dapat melakukan yang terbaik…

    biar tes tahun depan bisa dengan niat ikhlas karena Allah ta’ala…

    doakan ya ukhti semoga diberikan yang terbaik….
    dan juga tolong motivasinya agar tes fk benar2 krn kemauan sendiri bukan paksaan…

    syukran ukh…

    Reply

    • snowyautumn
      Jul 12, 2011 @ 07:39:24

      hmm gitu ya sis,,inshaAllah q doakan,semoga diberi yg terbaik sama Allah swt…
      Istikharah aja ,,dan kalo ntar mw jalanin FK,tinggal perbaiki niat aja dan yg penting cintai pekerjaannya juga :)
      FK itu bagus kok buat ukhti,,perempuan,palagi shalih ky kamu hhe
      kan bagus tuh kl dokter2 indonesia kerjanya bagus,niat krena Nya jadi org miskin g susah gr” dokter yg kjar setoran

      Semangat ya … :)
      salam

      Reply

  6. MeongMeong
    Jul 11, 2011 @ 13:17:40

    :)

    Reply

  7. dokter Maura
    Sep 18, 2011 @ 15:11:46

    Subhanallah..mudah2an selalu diberi kekuatan dan keikhlasan dlm menempuh pendidikannya.. Izin m’copy tulisannya yg keren2 ya ^^
    sedikit berbagi…Mmg awalnya msk FK krn motivasi dr keluarga, bkn murni keinginan sendiri tp setelah dijalani sllu saja diberi kemudahan oleh Allah, jd semakin semangat dan yakin kita bisa, yakin bahwa kita mjd dokter adalah sebuah amanah,kita diberi kepercayaan untuk mjd perantara Allah dlm mengobati org lain,,, kebahagiaan yg tidak bs digambarkan ketika kita melihat pasien yg kita rawat bs sembuh.. tetap semangat ya Snowyautumn en Sakinah…

    Reply

    • snowyautumn
      Sep 25, 2011 @ 11:43:43

      sip,copy saja tak apa :D ..
      Mashaallah benar bu dokter.. :) ada kebahagiaan tersendiri disaat niat ikhlas itu teatap terjaga ..
      Semangat juga ya teh :D !

      Reply

  8. pam_nyet
    Oct 02, 2011 @ 12:38:16

    kalau aku sih mau jadi dokter untuk nolongin orang yng kurang mampu, tapi aku ksian sma orang’tua bayaran untuk jadi dokter mhal bnget :-)

    Reply

    • snowyautumn
      Oct 12, 2011 @ 07:54:59

      wah niat yang bagus dik.. Sebenarnya kalau kita sudah niat InshaAllah ada jalan ,,berarti kalau ingin yg murah,harus belajar xtra keras lwt snmptn :) ..dan cari2 beasiswa,, Kalau tdk menjadi dokter pun,dgn pekerjaan lain kt bisa ttp membantu orang kan?dgn berbagai cara tentunya . Semangat :D

      Reply

  9. pam_nyet
    Oct 12, 2011 @ 13:23:50

    mkasih yah atas nasehat’nya
    mau.nya sih begitu tapi insya’allah bisa dapat beasiswa :-)
    amin . :-D

    Reply

  10. Nyaa garVeia...
    Mar 13, 2012 @ 09:05:21

    Aku suka Motivasi darimu…. Buat aku semangat lagi…

    Reply

  11. henny cuaps cuaps
    May 26, 2012 @ 12:57:38

    betul tuh, kalo aku jadi dokter, janji deh.. Ngobatin orang yang kurang mampu tanpa uang juga gapapa ^^

    Reply

  12. Fattan Athallah
    Jul 02, 2012 @ 16:00:27

    Banyak Peluang amal ibadah jika anda masuk kedokteran,hidup ini sebentar…jadilah orang yang bermanfaat bagi banyak orang,salah satunya profesi dokter.

    Reply

  13. suci lahdia
    Aug 08, 2012 @ 13:40:44

    alhamdulillah kalo aku ingin jadi dokter karena keinginan quw sendiri dan motivasi dari orang tua serta karena Allah SWT.
    Semoga terkabul Amin

    Reply

  14. sukahatiakulah
    Aug 12, 2012 @ 03:39:38

    Jadi dokter itu simple.. selama kita tidak mikiran uang dan title sbg alasan jadi Dr. Kita pasti jadi dokter yang baik.. Memilih menjadi dokter berarti berani menjadikan diri kita nomor dua, kenapa?? kepentingan kita bukan lg secara individual tp secara universal. Setiap hari yg dipertaruhkn adalah nyawa. Kebahagian menjadi dokter itu bila bisa menyembuhkan pasien. Setiap orang yang menjadi dokter harus “MALU” dipanggil “DOKTER’ sekiranya dia tidak memberikan pelayanan yang terbaik buat pasiennya.Pakailah kaca mata yang neutral dimana kita melihat pasien dari berat atau ringan penyakitnya bukan banyak atau sedikit uangnya.. ..

    Mahu jadi Dokter : 1st STEP : Benerin dulu motivasinya

    Semoga menjadi dokter yang baik…

    Reply

  15. dr. Tya
    Aug 18, 2012 @ 14:41:20

    sampai jumpa di dunia kedokteran.
    salam, dr.Puji Gustia Asril,Sp.KK (K)

    Reply

  16. ade, Apt
    Aug 18, 2012 @ 14:45:41

    kakakku dokter aku apoteker , selamat menempuh pendidikan dokter, di jamin mumet sm semua bku nya yg setebal kumpulan soal GO . ;)

    by : Ade Riski Asril, S.Farm, Apt.

    Reply

  17. drg.Nota (amiin)
    Aug 18, 2012 @ 14:52:24

    aku Nota, aku anak ketiga dri 4 bersaudara, kakak pertamaku seorang dokter spesalis kulit, , nah, kakakku yang kedua seorang apoteker. karna kedua kakakku masuk ke dunia medis (dokter, apoteker-red) maka aku jadi tertarik masuk keduna yg sm, yaitu dunia medis. nah, alhamdulillah aku sekarang duduk di salah satu Fakultas Kedokteran Gigi PTN favorite di Indonesia. .
    Insya Allah beberapa tahun lg “drg.Notariani Asril,Sp.BM”
    amiin. . .

    Reply

  18. Muhammad Satria Asril
    Aug 18, 2012 @ 14:55:58

    ikutan dong :D

    Reply

  19. Taufiq Rusdhi
    Aug 28, 2012 @ 14:29:25

    Idih … Ini mah Gw banget … ckckckckc :ngakak
    Hampir mirip motivasi’a hahaha

    Semoga Kecapai impianku .. Amin ya ALLAH
    Nice Info :D

    Reply

  20. snowyautumn
    Aug 29, 2012 @ 06:47:53

    @Nyaa: yuk :D semangat !
    @Henny: Bener yaa ,inget loh janjimu :P
    @Fathan: Yap benar ! semoga bisa berlomba2 dalam kebaikan
    @Suci: amin.. smg ttp terjaga niatnya
    @sukahatiakulah: yap2 benar sekali argumennya.. Insyaallah sy jg sdg menjaga niyyat
    @keluarga Asril: terimakasih, mbak mas sudah mampir dan sekeluarga sudah komen disini ^__^ mohon kerjasamanya
    @taufiq: smg yang sama yang baiknya ya hha..amin

    Reply

  21. mahasiswi kedokteran
    Oct 20, 2012 @ 15:06:13

    wah subahanllah.. ini motivasi a bagus.. sukses ngga hrs jd dokter, kya jga ngga hrs jdi dokter.. tapi yg penting innamal ‘amalubiniat.. klo mw jdi dokter ya, tafadhol.. jd dokter yg benar.. mnghragai hdup org lain dn mnolong tnp mnghrap pamrih yg lebih :)

    Reply

  22. alif
    Nov 08, 2012 @ 16:18:48

    kak,,,skarang udah jadi dokter ?
    kakak skarang kuliah ndk mana ?

    Reply

  23. ade
    Mar 22, 2013 @ 14:04:56

    saya ingi jadi seorang dokter..ya yang benar-benar dokter.
    saya mau menolong orang yang kesakitan,menyembuhkannya dan melihatnya tersenyum senang.
    saya ingin jadi dokter,yang bukan mencari uang..tetapi,dokter yang tulus membantu sesama.

    mohon doanya..
    semoga tahun ini saya diterima di kedokteran :)

    Reply

  24. king
    Apr 04, 2014 @ 22:03:34

    mantap…makasih uda berbagi,,,, (www.kingmotivation.blogspot.com)

    Reply

  25. malihah gilbert
    Sep 12, 2014 @ 12:21:16

    siph,, makasih udah sharing :)

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

