Marhaban yaa Ramadhan Keistimewaan Ramadhan dan target puasa :D

Akhirnya dateng juga Bulan Ramadhan !!
Siap siap nabung pahala yuuk
emang kenapa sih?

Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘al-Rayan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.” (HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa’d).

puasa ramadhan

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan :

1. Puasa merupakan salah satu amalan yang istimewa

Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Hadis ini menunjukkan bahwa ibadah puasa mendapat kedudukan yang berbeda dengan lainnya sehingga Allah swt. menjanjikan pahala puasa dengan tidak terbatas nilainya.

2. Merupakan rukun islam yang ke empat

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan asas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. “(Al-Baqarah : 183).

3. Bulan pengampunan dosa dan kesalahan

Ibadah di bulan Ramadhan dapat menghapuskan dosa. Di antaranya adalah puasa Ramadhan,

sabda Nabi saw: ”Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah Swt), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (Muttafaqun ’alaih).

4. Dilipat gandakannya pahala . Yang wajib digandakan berkali kali lipat dan Yang sunnah dinilai seperti amalan wajib.

*Juga ada shalat tarawih yg termasuk shalat Qiyamul Lail

“Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

*Juga Membaca Quran yang tadinya 1 huruf saja dinilai bisa sampai 10 kebaikan,nah ini di bulan Ramadhan dikalikan lagi…

Saya pernah dengar dari Ustadz, bahwa sewaktu hari akhir nanti orang yang senantiasa membaca Quran akan kaget, karena begitu banyak pahala yg ia dapat gara gara baca Qur’an..

Dari Utsman bin Affan  Rasulullah  bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhari)

*Lalu juga sedekah dan rezeki dilipatgandakan :D

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

makanya banyak2 beri makan orang yang berpuasa

5. Terjadi Kemenangan pada Perang Badar dan Pembebasan Mekkah dan banyaaaaaak lagi kemenangan umat Islam pd bulan ini. Jadi gak ada alasan pd bulan ini kita males malesan :P

6. Merupakan bulan penuh barokah yang di dalamnya terdapat malam Lailatul Qadr dan bulan saat turunnya Al-Qur’an

Lailatul Qadr yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, do’a dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Sabda Nabi :

“Barangsiapa mendirikan shalatpada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Dan malam turunnya  Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.

7. Di bulan ini pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu

8. Di hari akhir bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari kesturi

Perhatian,ini berlaku di hari akhir, jadi jangan sampe ga gosok gigi lantaran pengen harum..wkwkwk

9. Mendapatkan kegembiraan yang lebih dari bulan bulan lain

Tidak dapat dipungkiri, saat kita berbuka timbul rasa bahagia (iya kan??) terus banyak buka bareng yang dapat mempererat silaturahmi juga ..hhe.. dan yang paling bahagia adalah saat orang orang yang berpuasa bertemu dengan Rabb nya

10. Fasilitator untuk mencapai ketakwaan

Puasa melatih kita untuk beribadah lebih dan mematuhi syariat Allah SWT

Diantaranya melatih emosi karena kalau kita berdusta,marah marah, berkata kotor ,dan melakukan kejelekan akan mengurangi pahala puasa kita. Bahkan hanya mendapat rasa lapar dan haus saja (Nauzdubillah)

***

Mari kita maksimalkan puasa kita ! Patut diingat, selain puasa wajib, jangan lupa ibadah shalat wajib jgn ditunda tunda apalagi  ditinggalkan.

Ayo bikin target:

- Minimal khatam 1 kali Al-Qur’an

- Shalat tarawih dan puasa jangan bolong sebulan

- Qiyamul lail sepertiga malam tiap hari

- Banyak sedekah dan memberi makan orang yang berpuasa

dannn masih banyak lagi :)

___

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa memberi nafkah isterinya di jalan Allah, maka akan dipanggil dari pintu surga, ‘Wahai Hamba Allah! Ini adalah pintu kebaikan.’ Barangsiapa termasuk ahli salat, maka akan dipanggil dari pintu al-Shalah. Barangsiapa termasuk ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu al-Jihad. Barangsiapa termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu al-Rayyan. Dan barangsiapa termasuk ahli sedekah, maka akan dipanggil dari pintu al-Shadaqah. Abu Bakar lantas berkata, ‘Demi engkau dan ibuku (ummul mukminin), ya, Rasulullah! Apakah seseorang harus dipanggil dari pintu-pintu itu, dan adakah seseorang yang dipanggil dari pintu-pintu itu seluruhnya?’ Rasulullah menjawab, ‘Iya. Dan aku berharap semoga engkau termasuk dari mereka.” (HR. al-Bukhari).

About these ads

2 Comments (+add yours?)

  1. isdiyanto
    Aug 12, 2010 @ 15:24:17

    selamat berpuasa….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: